1.300 KK Terdampak Banjir di Manado Utara Segera Disalurkan Bantuan

MANADO — Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat bersama pemerintah Kecamatan Tuminting turun ke lokasi terdampak banjir, mengecek kondisi masyarakat dan material yang mengalami kerusakan.

Tindakan kemanusiaan yang dilakukan oleh Dinas Sosial dan Pemerintah Kecamatan Tuminting juga dibarengi dengan aksi dari ketua TP PKK Kota Manado Julyeta Runtuwene, yang bernama PMI Kota Manado melaksanakan pantau ke seluruh lokasi terdampak banjir.

Hingga siang hari ini, Selasa 3 Maret 2020, total lokasi yang telah dikunjungi di kecamatan Tuminting sejumlah 7 lokasi. Dimana, masyarakat didata, baik itu yang terdampak banjir maupun longsor.

Menurut Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Manado, Sammy Kaawoan, mengatakan pihaknya saat ini sedang melakukan evakuasi dan pendataan kepada masyarakat tertimpa bencana banjir. Tidak saja pendataan untuk pembagian bantuan sembako, tapi ada juga dapur umum dan juga bentuk kepedulian lain sementara dilakukan. Namun terkait penyaluran bantuan, akan dilakukan secara bertahap yang pastinya semua masyarakat terdampak banjir dipastikan menerima bantuan.

“Sampai saat ini, menurut data yang diperoleh sudah sejumlah 1.300 kepala keluarga terdampak banjir. Sebab itu, kepada korban bencana diharapkan bersabar dan tetap waspada,” ujar Kaawoan.

Sementara, Ketua TP PKK Kota Manado Julyeta Runtuwene menuturkan masyarakat yang tertimpa bencana seharusnya diperhatikan dengan maksimal. Banyak yang tertimpa bencana yang lokasi rumahnya berada di di sudut kota, tentu kondisi ini diperlukan kepedulian dan sentuhan kemanusiaan oleh pemerintah setempat. Karena dalam kondisi apapun persoalan kebutuhan sehari-hari mereka pasti terganggu. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020