12 Atlit Pencak Silat Jebolan PPLPD Manado Siap Ikuti Kejurnas

Atlit pencak silat sedang mengikuti Pelatda Kota Manado di GOR A Hall Koni Manado.
Atlit pencak silat sedang mengikuti Pelatda Kota Manado di GOR A Hall Koni Manado.

MANADO – Difasilitasi oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Manado, 12 orang atlit Pencak Silat Manado dari berbagai kelas yang saat ini sedang mengikuti Pelatihan Daerah (Pelatda) merupakan jebolan Pekan Olahraga Provinsi.

“Ini persiapa tim Pelatda yang juara di Porprov kemarin, difasilitasi oleh Dispora Kota Manado untuk ke ajang yang lebih tinggi lagi,” jelas Kasman Hulunggi, Asisten Pelatih Pencak Silat, Selasa (23/10/2018).

Ke 12 atlit tersebut nantinya akan mengikuti kejuaraan nasional Pencak Silat di padepokan pencak silat, Jakarta Timur.  “Tapi ini hanya sekedar ajang try out, uji coba sampai dimana perkembangan atlit yang dibina di Pelatda,” ujar Kasman.

Pelatda yang sudah dimulai sejak bulan Maret kemarin, ini bekerjasama dengan IPSI Pengcab Manado dan Pemkot Manado. “Sebenarnya yang dibina di Pelatda hanya 4 orang, tapi untuk mengejar Porprov ke depan tetap dibina sampai 12 kelas yang ada,” tambah Kasman.

12 atlit yang mengikuti Pelatda merupakan jebolan Pusat Pendidikan Latihan Pelajar PPLP. Sudah ada beberapa atlit tersebut yang juara Kejurnas dan Popnas Junior, sedangkan untuk senior sudah teruji di skala daerah lewat ajang Porprov namun belum teruji di ajang nasional.

“Makanya kami mencoba di Kejurnas nanti sampai sejauh mana hasil dari latihan yang sudah dilakukan,” pungkasnya.

Dua Atlit Pelatda Tinju Kota Manado Masuk Pelatnas Sea Games 2019 Pelatda ini merupakan terobosan dari Pemerintah Kota Manado lewat Dispora Kota Manado untuk meningkatkan prestasi atlet dan pembinaan atlet sejak usia dini.

Pembinaan atlet cabang olah raga perseorangan ini menjalankan latihan di bawah tanggung jawab Dispora Manado, mulai dari sistim latihan hingga fasilitas.

Tidak tanggung-tanggung, Pemerintah Kota Manado menyediakan anggaran bagi setiap atlet, pelatih serta asisten pelatih untuk mengikuti pelatihan daerah (Pelatda) tahun 2018. Cabang olahraga yang menjadi perhatian pemerintah yakni Tinju dan Pencak Silat.

“Pelatda ini merupakan keseriusan dan kepedulian dari pemerintah Kota Manado untuk mendukung para atlet sehingga dengan adanya upaya yang dimulai oleh Dispora ini diharapkan para atlet muda di kota Manado dapat terpacu untuk berprestasi bagi daerah,” tegas Kadispora Manado, Laurens Umboh. ***

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020