IKLAN

140 Perusahaan di Bolmong Wajib Bayar THR dan Cuti Bagi Karyawan


Logo THRBOLMONG – Sudah seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang Lebaran Idul Fitri Tunjangan Hari Raya (THR) dan cuti bagi karyawan, ramai dibicarakan. Pemkab Bolmong sendiri menyambut Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah ini, menegaskan kepada 140 perusahaan yang ada di wilayah Bolmong agar memberikan cuti kepada karyawan.

Sebelumnya juga pemkab melalui instansi terkait Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) telah menegaskan pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para karyawan perusahaan. “Selain pemberian THR, perusahaan juga wajib memberikan izin cuti kepada para karyawan yakni dua hari sebelum lebaran, dan dua hari sesudah lebaran. Jadi izin cuti karyawan itu selama empat hari, sebelum dan sesudah Idul Fitri,” ujar Kadis Nakertrans Derek Panambunan.

Masih menurut Panambunan pemberian THR kepada karyawan harus sudah dilakukan pihak perusahaan satu minggu sebelum hari raya. “Jadi satu minggu sebelum lebaran itu, perusahaan sudah membayar THR kepada karyawan. Hal itu dimaksudkan agar para karyawan masih memiliki kesempatan untuk memenuhi kebutuhannya jauh hari sebelum hari raya,” jelasnya.

Dia menegaskan, apabila ada perusahaan yang tidak melaksanakan hal tersebut maka akan diberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku. ”Bukti pemberian THR itu melalui daftar isian. Dan daftar isian itulah yang akan dikirim kembali ke Disnakertrans. Selain itu, pembayaran THR akan mendapatkan pengawasan dari inspektur tenaga kerja yang ditugaskan,” terang Panambunan. (yoan)

IKLAN
loading...