19 Napi Otak Rusuh Lapas Tuminting Dipindahkan Ke Pulau Nusakambangan

Narapidana otak kerusuhan Lapas Tuminting, dipindahkan ke Nusakambangan. (foto:ist)

MANADO – 19 Narapidana yang menjadi otak kerusuhan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tuminting Manado, Sulawesi Utara pada Sabtu, 11 April 2020 akhirnya dipindahkan ke Lapas Nusakambangan, Jawa Tengah.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulut, Lumaksono mengatakan pemindahan mereka ke Lapas Nusakambangan buntut dari aksi rusuh yang berujung pada pengrusakan dan pembakaran beberapa bangunan Lapas.

“Dari Rudenim Manado, 19 napi dibawa menuju Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi untuk diberangkatkan ke pulau Nusakambangan,” kata Lumaksono saat dikonfirmasi, Jumat (17/04/2020).

Pemindahan napi melalui Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi Manado. (foto:ist)

Koordinasi antara Kanwil Kemenkumham Sulut, Lapas Manado, Rudenim Manado bersama dengan Polresta Manado, Brimob Polda Sulut serta Lanud Sam Ratulangi Manado, para napi diberangkatkan pada pukul 09.30 Wita.

Dari 19 napi tersebut, 10 diantaranya adalah mereka dengan putusan hukum pidana seumur hidup, 5 orang dengan kasus narkoba serta 4 lainnya dengan kasus pembunuhan berencana.

Mereka diterbangkan dari Manado dengan pesawat Herkules C130 TNI AU. Berangkat dari pangkalan TNI AU Samrat Manado, transit di Pangkalan TNI AU Sultan Hasanuddin Makasar selanjutnya menuju Pangkalan TNI AU Adisutjipto Yogyakarta kemudian dengan menggunakan mobil Lapas menuju Nusakambangan.

Menurut Lumaksono, penyebab terjadinya kerusuhan di Lapas Klas IIA Manado Sabtu pekan lalu, dikarenakan para narapidana was-was terjangkit virus corona sehingga mereka menuntut dibebaskan.

“Program asimilasi dan integrasi hanya diberlakukan kepada napi dengan tindak pidana umum sesuai dengan aturan terkait pengeluaran dan pembebasan napi dan anak, dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Dia menambahkan, untuk program pengeluaran dan pembebasan napi ini, tidak berlaku bagi mereka dengan kasus narkoba, tipikor serta pelanggaran HAM berat. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020