2017 Target Pemprov Sulut 700 Ribu Wisman, Mewengkang: Dispar Extra Effort

Rakor Dispar Sulut, nara sumber Kadis Kebudayaan Sulut Frederik Rotinsulu, Kadis Par Daniel Mewengkang (kiri), Direktur Pengamanan Objek Vital (Dirpamobvit) Polda Sulut Kombes Pol Yudi Sumartono (tengah), Satgas Pariwisata Dino Gobel.
SERIUS:Rakor Dispar Sulut, nara sumber Kadis Kebudayaan Sulut Frederik Rotinsulu, Kadis Par Daniel Mewengkang (kiri), Direktur Pengamanan Objek Vital (Dirpamobvit) Polda Sulut Kombes Pol Yudi Sumartono (tengah), Satgas Pariwisata Dino Gobe (kanan) di hotel Peninsula Manado, Selasa (17/1) (foto:kandi/ML)
SERIUS: Rakor Dispar Kabupaten/Kota, sebagai nara sumber Kadis Kebudayaan Sulut Frederik Rotinsulu, Kadis Par Daniel Mewengkang (kiri), Direktur Pengamanan Objek Vital (Dirpamobvit) Polda Sulut Kombes Pol Yudi Sumartono (tengah), Satgas Pariwisata Dino Gobel (kanan) di hotel Peninsula Manado, Selasa (17/1) (foto:kandi/ML)

MANADO-Dinas Pariwisata (Dispar) Sulawesi Utara (Sulut) terus dipacu terkait program Pemerintah Provinsi (Pemprov) yang langsung dikatakan Gubernur Olly Dondokambey menargetkan pada 2017 akan mendatangkan 700 ribu Wisatawan Mancanegara (Wisman).

“Ya, karena memang target Pemprov selama Januari-Febuari 2017 ini, ada 81 flight akan masuk Sulut. Hampir setiap harinya sekira pukul 01.00 dini hari akan ada pesawat China masuk bandara Sam Ratulangi (Samrat),”jelas Olly saat hadir dalam Serah Terima Jabatan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulut di Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado, Senin (16/1) kemarin.

Diketahui, Sulut mulai kedatangan Wisman yang didominasi asal Tiongkok sejak pertengahan 2016 lalu, disertai lobi Pemprov dibeberapa maskapai penerbangan hingga berjalan saat ini.

“2017 target kami mendatangkan 700 ribu Wisman, hal tersebut sama dengan mendatangkan 10 flight per hari di Bandara Samrat. Saya kira ini perlu kerja ekstra jajaran Imigrasi dan Diapar Sulut. Kita tahu persis Sulut daerah baru berkembang, jadi kalau tidak didukung kantor Keimigrasian pasti tidak berjalan dengan baik,”beber Olly.

Terpisah Kepala Dinas Pariwisata Sulut Daniel Mewengkang merespon positif program pemerintah.”2017 ini, akan terus berupayah apapun target atau arahan Gubernur dan Wakil Gubernur dengan 700 ribu Wisman atau berapa pun itu kami akan bekerja maksimal bersinergi dengan Kabupaten/Kota,”jelas Mewengkang kepada Manadoline disela-sela lunch break pada acara Rapat Koordinasi Pariwisata Kab/Kota di Hotel Peninsula, Selasa (17/1) sementara berlangsung sore ini.

Lanjutnya, salah satu dari banyaknya strategi yang sementara dibahas dalam Rakor ini (sementara berlangsung-red), Dispar akan adakan papan penunjuk arah bagi para Wisman, sehingga mereka bisa mendapat arahan. Juga mengembangkan potensi pariwisata sesuai masukan para Kepala Dispar Kabupaten/Kota.

Mewengkang tak menampik jika nantinya tidak tercapai apa yang diinginkan pimpinan.”Terkecuali kalau target misalkan 700 ribu tidak tercapai. Yang jelas Dispar bersinergi dengan Kab/Kota harus disertai extra effort yang tinggi agar bisa capai dan reason yang jelas. Mudah-mudahan 2017 ini kami mampu wujudkan program tersebut,”harap Mewengkang, yang diketahui Kadis baru dilantik awal Januari telah menggantikan pejabat lama Happy Korah tersebut.

(srikandipangemanan)