2018, Tiap Desa di Mitra Bakal Terima 1 Miliar

Drs Joutje Wawointana

RATAHAN – Dana Desa (Dandes) di Minahasa Tenggara (Mitra) pada 2018 nanti bakal mengalami peningkatan dibanding 2017 ini. Pada 2017 Dandes diketahui berjumlah Rp103 miliar sedang menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) Mitra Drs Joutje Wawointana, pada 2018 bakal naik menjadi 135 miliar.
Itu berarti setiap desa di Mitra bakal kecipratan 1 miliar karena desa di Mitra berjumlah 135.
“Ini merupakan program pemerintah pusat dimana Dandes ini untuk membangun desa. Dan yang pasti setiap desa di Mitra pada 2018 nanti akan mengalami peningkatan,” ujar Wawointana, kepada manadoline.com.
Dengan begitu, Wawointana berharap para Hukum Tua (Kumtua) di Mitra untuk proaktif dalam melaporkan surat pertanggungjawaban (SPJ), karena penerima Dandes wajib melaporkan SPJ sebelum menerima Dandes tahap selanjutnya.
“SPJ penting dilaporkan para Kumtua sebelum menerima Dandes, jadi setiap tahun ada dua tahap pencairan Dandes. Jika tahap satu belum dilaporkan maka tahap dua belum bisa dicaikan,” jelasnya.
Wawointana juga menuturkan untuk pencairan Dandes tahap dua 2017 ini akan berjalan Agustus, jadi dia mengimbau kepada desa yang belum memasukkan SPJ tahap satu agar segera dimasukkan. (fensen)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020