2020 Menuju World Class University, Mahasiswa Thailand-Filipina Lirik IAIN Manado

(Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw dan Rektor IAIN Manado Dr Rukmina Gonibala M.Si ketika diwawancarai usai buka puasa bersama dalam momen Safari Ramadhan Pemprov, Senin (28/5/2018) (foto:kandi/ML)

MANADO– Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga-tenaga lulusan berkualitas dan jenjang kampus menuju Universitas 2020.

Dikatakan Rektor IAIN Manado DR Rukmina Gonibala M.Si kepada sejumlah wartawan usai Safari Ramadhan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) di Kampus IAIN Manado, Senin (28/5/2018) malam.

IAIN Manado berdiri 17 Oktober 2014 yang sebelumnya transformasi dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) tersebut, menurut Gonibala tengah mempersiapkan SDM baik segi infrastruktur maupun tenaga pendidik/dosen apalagi kualitas mahasiswanya.

“Kami bertekad sesuai dengan rencana strategis (Renstra), IAIN 2020 sudah harus menjadi Universitas. Untuk jadi Universitas tentu syaratnya banyak terutama lahan, infrastruktur tenaga dosen dan akreditasi kampus,”jelas Gonibala.

Kendati persyaratannya ketat, termasuk harus memiliki mahasiswa dari luar negeri. Gonibala optimis bisa terealisasi.

“Bukti, makanya September 2018 nanti akan ada mahasiswa dari Thailand berjumlah 5 orang dan Filipina akan dan datang kuliah disini (IAIN, red),”sambungnya.

Melihat perkembangan teknologi pun di Sulut dan dengan adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), pendidikan juga harus bersaing. Menurut Gonibala tidak hanya mahasiswa dari Dalam Negeri tapi juga harus ada mahasiswa Luar Negeri yang datang kuliah di IAIN Manado.

“IAIN harus jadi World Class University. Contohnya mahasiswa kami dua minggu kemarin baru pulang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tidak di Indonesia tapi di Malaysia dan Thailand. Itu yang sudah kami lakukan,”pungkasnya sembari mengharapkan bantuan dari pihak terkait baik dalam maupun luar negeri agar IAIN menuju Universitas segera terwujud.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw ketika berbuka puasa bersama civitas akademika IAIN Manado, memotivasi para mahasiswa harus tingkatkan SDM.

Sulut merupakan peringkat ke-3 dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) tertinggi di Indonesia.”Saya dorong mahasiswa persiapkan dari sekarang SDM demi persaingan dengan lainnya. Agar di dunia kerja kita bisa kuasai daerah kita sendiri,”kata Kandouw sembari mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi civitas akademika IAIN Manado.

(srikandi)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020