6 Maret, Pemkot Manado Siapkan Festival Ogoh-Ogoh Sambut Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1941

MANADO – Setelah sukses kegiatan upacara Adat Tulude bagi budaya suku Sangihe, disusul perayaan Tahun Baru Imlek 2570 dan prosesi Cap Go Meh bagi umat Tridharma. Kali ini, Pemkot Manado akan menggelar Festival Ogoh-Ogoh menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1941 bagi umat Hindu di Kota Manado.

Sama halnya denga n Tulude, Imlek dan Cap Go Meh, Festival Ogoh-Ogoh oleh Pemkot Manado sudah tahun ketiga dilaksanakan dalam rangkaian Road To Manado Fiesta yang akan dilaksanakan mulai Juli-Agustus 2019 tahun ini.

“Ini semua sudah dijadikana kalender iven setiap tahun oleh Pemkot Manado dalam rangkaian iven berskala dunia, Manado Fiesta ,” kata Kadis Pariwisata Manado, Lende Pelealu.

Alasan Lenda ketiga iven tersebut masuk rangkaian Manado Fiesta, karena prosesi upacara budayanya punya magnet pariwisata yang notabene menarik perhatian wisatawan local maupun manca Negara.

“Selain itu connect dengan apa yang sudah dilakukan Pak Wali Kota dan Pak Wawali untuk terus menjaga predikat Manado sebagai Kota Toleran oleh pemerintah pusat,” ungkap Lenda.

Festival Ogoh-Ogoh akan dipusatkan di Lapangan Sparta Tikala. Ada arak-arakan menampilkan budaya umat Hindu yang tergabung dalam Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) dari kawasan Taman Kesatuan Bangsa (TKB).

“Sebelumnya ada upacara Tawur Kasanga kemudian dirangkaikan dengan Festival Ogoh-Ogoh 2019. Festival Ogoh-Ogoh ini akan dilaksanakan tanggal 6 Maret ini,” pungkas Lenda. ***

Penulis: antoreppy

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020