IKLAN

6 Minuman Ringan Ini Baik untuk Kesehatan


image

PARA peneliti dari Harvard University mengungkapkan, menenggak dua minuman manis dalam sehari akan meningkatkan risko terkena serangan jantung sebesar 35%. Tidak hanya itu, kemungkinan terkena diabetes juga akan meningkat sebanyak 26%, dan risiko terkena stroke naik 16%.

Fruktosa, gula yang didapat dari ekstraksi buah, yang iasanya digunakan sebagai pemanis buatan dalam minuman, juga akan meningkatkan produksi asam urat yang akan menyebabkan inflamasi pada sendi yang menyakitkan.

Mengingat banyaknya efek negatif yang diakibatkan dari minuman manis, berikut alternatif minuman ringan yang segar dan memberikan efek baik bagi kesehatan, dikutip dari DailyMail, Kamis (8/10).

1. Jus Buah Bit

Setidaknya 16 studi telah mengonfirmasi bahwa nitrat yang terkandung dalam jus bit mampu menurunkan tekanan darah. Jus buah bit juga membuat kerja otot lebih efisien sehingga membuat oksigen yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi semakin sedkit. Tiap 100 ml jus bit mengandung 41 kalori dengan tingkat nitrat yang bervariasi. Biasanya dalam 100 ml jus buah bit terdapat 80 mg nitrat.

2. Air Kelapa
Penjualan air yang diambil dari buah kelapa hijau telah melonjak dalam setahun terakhir. Air buah kelapa mengandung elektrolit, kalium, magnesium, dan kalsium. Seratus mililiter  air kelapa mengandung sekitar setengah sendok teh gula alami atau setara dengan 14 kalori.

3. DIY Sports Drink
Mencampurkan tablet elektrolit ke segelas air akan lebih ringkas ketimbang membawa sports drink yang sudah jadi. Ini juga sangat dibutuhkan bagi orang yang aktif bergerak. Mereka paling tidak membutuhkan 500-700 mh natrium untuk setiap satu liter air yang mereka minum.

4. Air Infus Daun Zaitun
Daun zaitun mengandung hydroxtyrosol dan oleuropein yang ampuh sebagai antioksidan dan mengurangi kolesterol yang tidak sehat. Ada juga bukti yang menyebutkan daun itu membantu menurunkan tekanan darah dan memperkuat tulang. Dalam 100 ml air infus daun zaitun yang tidak dicampur dengan gula mengandung 11 kalori.

5. Es Teh
Polifenol yang terkandung dalam teh mampu mengurangi penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker. Meminum teh tiga kali dalam sehari dapat mengurangi risiko serangan jantung sebesar 11%.

6. Susu
Susu sangat ideal untuk hidrasi setelah olahraga karena protein yang terkandung di dalamnya akan membantu memperbaiki otot.Susu yang paling baik dikonsumsi ialah susu cokelat karena terbukti memiliki keseimbangan sempurna dari karbohidrat dan protein untuk meningkatkan pemulihan otot. (bisnis/nto)

IKLAN
loading...