7 Kamar Covid-19 Standart WHO Disiapkan RS Liun Kendaghe Tahuna

Direktur Rumah Sakit Daerah Liun Kendaghe Tahuna dr Handry Pasandaran ME.

Tahuna— Dalam upayanya mengatasi penanggulangan dan pencegahan Virus Covid-19 yang saat ini tengah menghantui masyarakat, Rumah Sakit Daerah (RSD) Liun Kendage Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe, telah menyiapkan ruangan khusus bila nanti ada warga setempat yang terpapar Covid-19. 

Ruangan khusus isolasi tersebut meski hanya berjumlah tujuh kamar, namun telah memenuhi standar internasional atau sesuai persyaratan lembaga kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO).

“Ruangan khusus isolasi corona sedang disiapkan di RSUD Liun KendageTahuna, dan saat ini tim sedang berkerja melakukan perbaikan,” ungkap DirekturRSD Liun Kendage, dr Handry Pasandaran ME.

Lanjut dikatakannya, selain mempersiapkan ruang isolasi berstandar WHO, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe memiliki Rumah Sakit Liun Paduli di Kecamatan Tabukan Utara yang berfungsi sebagai rumah sakit darurat Covid, atau rumah sakit yang khusus melayani Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan pasien Dalam Pengawasan (PDP) ringan.

“Jadi khusus Rumah Sakit Liung Paduli, hanya untuk merawat yang ODP dan PDPringan, sedangkan yang PDP sedang dan berat dirawat di RSUD Liun Kendage Tahuna,” jelasnya.

Selain menyiapkan ruangan khusus Covid, mantan Plt Kadis Kesehatan Sangihe ini juga memastikan telah disiapkan anggaran untuk antisipasi Corona, sekaligus menopang kegiatan operasional di lapangan maupun kegiatan medis, termasuk untuk pembelian Alat Pelindung Diri (APD).

“Kalau soal jumlah anggaran saya belum tahu pasti, tapi anggarannya sudah disetujui. Hanya saja yang menjadi hambatan ketika kami mengadakan ADP, ketersediaan barang yang kosong dan sulit dapat serta ketidakwajaran harga. Ada yang siapkan ADP tapi bukan lagi distributor resmi, sehingga kami takut mengadakannya karena tidak sesuai aturan,” bebernya.

Terpisah Kepala Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah Sangihe, Femmy Montang, membenarkan ketika dikonfirmasi terkait penyediaan anggaran khusus antisipasi Covid-19, yakni bersumber dari belanja tak terduga, RSUD Liun Kendage serta dana dari Dinas Kesehatan Sangihe.

“Iya, benar Pemkab Sangihe sudah siapkan anggaran untuk mengantisipasi Corona yang diambil dari anggaran tak terduga Rp 20.054.220.000, anggaran RSUD Liun Kendage Rp 9.200.744.481 dan anggaran Dinas Kesehatan Rp 5.634.500.000,” terangnya. (Zul) 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020