AA, Viktor, Jak, NAP Diprediksi Pimpinan DPRD Sulut

MANADO– Setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulut mensahkan 45 anggota DPRD Sulut periode 2019-2024, Minggu (12/5/2019)lalu. Calon pimpinan DPRD Sulut mulai ramai dibicarakan.

Dari data yang dihimpun manadoline. com, meskipun belum dilakukan pelantikan, figur 4 pimpinan DPRD di Gendung Cengkih sudah bisa diprediksi.

Untuk menentukan siapa pimpinan dewan, memang sesuai ketentuan yang berlaku, parpol yang berhak mendapatkan jatah kursi pimpinan adalah empat parpol peraih kursi terbanyak.

Dari hasil pleno ada partai yang meraih kursi terbanyak yakni PDIP, Nasdem, Golkar dan Demokrat.

Nah, dari perolehan kursi ini, prediksi untuk  PDIP  ditempati Andrei Angouw,  Nasdem diprediksi bakal diberikan kepada Vicktor Mailangkai, jatah kursi Golkar bakal diberikan kepada James Arthur Kojongian, sedangkan untuk jatah kursi Demokrat diprediksi bakal ditempati oleh Netty Agnes Pantow (NAP) .

Pengamat Politik dan pemerintahan Taufik Tumbelaka, khusus untuk Partai Demokrat  pimpinan Dewan sangat layak diberikan kepada Netty Agnes Pantow.

“Ibu Netty sangat  layak, walaupun diduga sudah  ada manuver dari internal kader yang berharap untuk mendapatkan kursi pimpinan,” ucap Abang Taufik sapaan akrab  pengamat politik Sulut.

Lanjut Tumbelaka,
NAP dianggap paling layak, karena politisi Demokrat yang kembali terpilih ketiga kalinya menjadi Anggota DPRD Sulut periode 2019-2023, memiliki nilai lebih dibandingkan tiga politisi yang juga berhasil terpilih, karena selain matang diberbagai organisasi, juga paling senior serta sudah teruji dan konsisten serta mampu mengakomodir kepentingan semua.

“Demokrat sangat berutung memikiki kader seperti NAP, karena sangat loyal meski sudah banyak tawaran untuk keluar dari partai Demokrat dan ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi Demokrat, “ucapnya.

Diketahui masa berakhir anggota DPRD Sulut periode 2014-2019 akan berakhir pada 9 September 2019.(27)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020