Abdul Gafur Subaer: KPU Manado Sudah Tindaklanjuti Rekomendasi Bawaslu

Manadoline, Manado — Komisioner KPU Kota Manado, Abdul Gafur Subaer mengatakan pihaknya belum mendapatkan rekomendasi secara tertulis dari Bawaslu Kota terkait dengan hasil tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih.

“Kami hanya mendapatkan berita, tapi terkait rekomendasi tertulis sampai hari ini belum masuk ke kami,” kata Abdul Gafur Subaer kepada wartawan di Kantor KPU Manado, Senin (24/08/2020).

Meski demikian, Gafur menyebutkan rekomendasi dari Panwas Kecamatan yang masuk ke PPK pada saat proses tahapan Coklit berlangsung dan sudah ditindaklanjuti.

Menurutnya, KPU Manado sudah melakukan verifikasi faktual rekomendasi dari Bawaslu RI yaitu Coklit dapat pemilih yang ada di 39 Kelurahan dan 136 pemilih dengan turun langsung ke lapangan mengecek kebenaran dari remokendasi tersebut.

“Kami bersama PPS dan PPK turun langsung lapangan untuk mengecek kebenaran dari rekomendasi tersebut selama 2 hari dari tanggal 18 sampai 19 Agustus kemarin dan tanggal 20 sudah selesai dan diserahkan ke provinsi,” jelasnya.

Abdul Gafur Subaer menjelaskan pemutahiran data yang mulai dilakukan sejak bulan Juli tersebut terus dilakukan sampai pada hari H pemilihan kepala daerah (Pilkada) Manado. Hal itu dilakukan karena data penduduk terus bergerak, termasuk pemilih yang baru berumur 17 tahun.

“Tahapan sekarang adalah perbaikan dan kemudian nanti KPU akan melakukan pleno untuk penetapan DPS (Daftar Pemilih Sementara),” ucapnya.

“Kami mengapresiasi kerja-kerja Bawaslu, dengan ini kami terbantu untuk mengawasi kerja kami di tingkat paling bawah. Kami harapkan hal ini terus dijaga agar pekerjaan untuk tahapan Pilkada maksimal,” sambungnya.

Pihak KPU Manado lanjutnya mengingatkan kepada masyarakat untuk dapat memastikan diri sudah terdaftar sebagai pemilih dan rumah tempat tinggal sudah dipasang stiker Coklit. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020