IKLAN

Abdullah Mokoginta Perkasa, “Ditendang” dari Kadis PPKAD, Kembali Jadi Sekretaris KPU Kotamobagu


Abdullah Mokoginta, Sekretaris KPU Kotamobagu. (f-manadoline)

Abdullah Mokoginta, Sekretaris KPU Kotamobagu. (f-manadoline)

KOTAMOBAGU – Teka teki siapa yang akan duduk sebagai Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu, terjawab sudah. Lewat rapat pleno menetapkan Abdullah Mokoginta SH MSi mengisi pos yang ditinggalkan Hi Moch. Agung Adati ST MSi sebagai Sekretaris KPU.

Menurut Ketua KPU Nayodo Koerniawan SH, keputusan menetapkan Mokoginta yang beberapa waktu lalu sebagai Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (PPKAD) Kota Kotamobagu berdasarkan berbagai pertimbangan yang disampaikan oleh lima komisioner, diantaranya pengalamannya sebagai Sekretaris KPU Kotamobagu saat Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulut tahun 2010 silam.

“Yang lainnya adalah pertimbangan kepangkatan dan juga senioritas. Kami tidak ingin KPU Kotamobagu mendatang tidak berjalan maksimal, apalagi kita sudah mendapat anugerah sebagai KPU Berintegritas Nasional,” jelas Nayodo, Rabu (1/4).

Komisioner KPU Kotamobagu lainnya, Iwan Manoppo, menambahkan bahwa dari tiga nama yang diusulkan sebelumnya, semuanya memiliki kualitas masing-masing. “Jadi jangan dianggap semua ini ada kepentingan lain, tidak sama sekali. Kami juga menghargai dan menghormati dua calon lainnya,” ujar ketua Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Kotamobagu ini.

Pada pleno yang juga dihadiri Sekretaris KPU Agung Adati yang kini sudah dipercaya sebagai Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata dan Kominfo Kotamobagu itu terkait dengan sudah keluarnya surat dari Pemerintah Kota Kotamobagu Nomor 800/BKDD/-KK/115/2015 pada 23 Maret 2015.

“Atas dasar surat itu kami melakukan pleno untuk menetapkan siapa calon Sekretaris KPU Kotamobagu, satu dari tiga nama, yakni Abdullah Mokoginta, Frans Tuto Manoppo dan Sardjan Anggai,” tambah Manoppo, kemarin. Sebagaimana diketahui Abdullah Mokoginta, mantan Kepala DPPKAD Kotamobagu saat ini tercatat sebagai pelaksana di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Pemkot Kotamobagu.

Sedangkan Frans Tuto Manoppo adalah Kabid Kewaspadaan Nasional di Badan Kesbangpol Kotamobagu. Dan nama terakhir Sardjan Anggai masih tercatat sebagai Kepala Seksi (Kasi) Pertimbangan Pusat dan Daerah Setoran Bagi Hasil Pajak dan Non Pajak DPPKAD Kotamobagu. Sementara itu penetapan Mokoginta sebagai Sekretaris KPU oleh Pleno KPU Kotamobagu tersebut tertuang dalam Berita Acara Nomor 25/BA/KPU-KK/2015 tertanggal 1 April 2015. (kpu kk/mara)

IKLAN
loading...