IKLAN

Adat Mongondow Kental di Perayaan HUT ke-8 Kotamobagu


 

Walikota Tatong Bara Memainkan Musik Kolintang. (f-humas kk)

Walikota Tatong Bara Memainkan Musik Kolintang. (f-humas kk)

KOTAMOBAGU – Walikota Ir Hj Tatong Bara menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Kotamobagu, untuk lebih mencintai dan menumbuhkembangkan berbagai potensi adat budaya daerah, sehingga nantinya Kota Kotamobagu akan lebih dikenal luas, hingga ke tingkat nasional. Hal tersebut disampaikan walikota dalam sambutannya, saat menjadi inspektur upacara, pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-8 Kota Kotamobagu yang dilaksanakan di Lapangan Kotamobagu, Sabtu (23/5) pagi.

“Mari kita lebih menumbuhkan dan meningkatkan lagi kecintaan dan rasa memiliki terhadap daerah, dalam bentuk pengembangan berbagai potensi adat budaya, sumber daya alam dan sumber daya manusia di daerah ini, sehingga nantinya Kota Kotamobagu akan lebih dikenal luas hingga ke tingkat nasional serta akan mampu sejajar dengan daerah lain,” imbau walikota.

Walikota juga menyampaikan bahwa saat ini, Pemkot Kotamobagu terus melaksanakan berbagai upaya agar sentra-sentra perekonomian di wilayah Kota Kotamobagu terus mengalami perkembangan. “Ini dapat terlihat dengan semakin pesatnya laju pembangunan di Kota Kotamobagu, seperti pembangunan infratruktur jalan dan jembatan, tersedianya fasilitas penunjang kesehatan, pendidikan, pertanian dan bidang lainnya,” sebut walikota.

Sambutan Gubernur S.H Sarundajang di Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kotamobagu. (f-humas kk)

Sambutan Gubernur S.H Sarundajang di Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kotamobagu. (f-humas kk)

Sementara itu, pada saat pelaksanaan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kotamobagu dalam rangka HUT ke-8 Kotamobagu, yang juga dihadiri Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Sulut, serta sejumlah pejabat di lingkungan Provinsi Sulut dan Bolaang Mongondow Raya tersebut, walikota juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, yang telah mendukung dan menyukseskan pelaksanaan pembangunan dan kemasyarakatan di wilayah Kota Kotamobagu.

“Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada Gubernur Sulawesi Utara Bapak Dr. Sinyo Harry Sarundajang dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Sulawesi Utara, yang selama ini telah membimbing dan memberikan arahan kepada Pemkot Kotamobagu, sehingga jalannya pelaksanaan roda pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di Kota Kotamobagu, dapat terselenggara dengan baik,” ungkap walikota.

Selain kedua momen penting di atas juga digelar berbagai kegiatan terkait, diantaranya Festival Seni dan Budaya, ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Mongkonai, Pawai Lampion, dan diakhiri dengan pelaksanaan Doa dan Dzikir bersama serta Peringatan Isra Mi’raj 1436 Hijriah yang dilaksanakan di Lapangan Olahraga Kelurahan Sinindian. (yoan)

Daftar Prestasi dan Penghargaan yang Diterima Pemkot Kotamobagu Periode 2013-2018.
1. Opini Wajar Tanpa Pengeculian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) atas Laporan Pengelolaan Keuangan Daerah Tahun 2013.
2. Penghargaan Eliminasi Malaria, atas keberhasilan pemberantasan penyakit Malaria dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
3. Penghargaan Piagam Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia.
4. Penghargaan Milenium Development Goals (MDGs) Award Targe 5 B atas Keberhasilan Menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dari BKKBN Pusat.
5. Penghargaan Puskesmas Gogagoman sebagai Puskesmas Berprestasi Tingkat Provinsi Sulawesi Utara dan SMP Negeri 4 Kotamobagu, sebagai SMP Berprestasi.
6. Penghargaan e-Procurement Award Tahun 2014, dari BAPPENAS atas pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Secara Elektronik (LPSE) Kategori Akselerasi Penerapan Elektronik Procurement.
7. Penghargaan Treasury and Tax Award dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia atas Ketertiban Administrasi dan Kepatuhan Penyetoran Pajak ke Kas Negara.
8. Kota Kotamobagu masuk dalam Zona Hijau dalam penerapan Inpres Nomor 2 Tahun 2014, tentang Rencana Aksi Daerah terhadap Pencegahan Pemberantasan Korupsi (PPK).-

IKLAN
loading...