IKLAN

Akhirnya, Indonesia – Australia Bebas Visa


image

Ilustrasi

PEMERINTAH Indonesia resmi memberlakukan kebijakan Bebas Visa Kunjungan (BVK) pada 84 negara. Ada tiga negara yang diberi perhatian khusus.

Brasil, Australia dan Tiongkok merupakan tiga negara yang diberi perhatian khusus terkait pemberian bebas visa.

Pasalnya, negara-negara tersebut pernah memiliki konflik dengan Indonesia dan masalah lainnya seperti perdagangan narkoba dan eksportir ideologi ekstrem.

Brasil diberi perhatian khusus karena adanya konflik diplomatik antara Indonesia dan Brasil terkait kasus hukuman mati yang diterima warganya beberapa waktu lalu. Namun hal ini sudah ditangani dengan kembali diterimanya Dubes Indonesia Presiden Brasil, sehingga Brasil diberi bebas visa, Senin (21/12).

Sementara Australia diberi perhatian khusus karena ketatnya aturan terkait sistem bebas visa di Australia. Pemerintah Australia juga akan melakukan negosiasi dengan Dubes Australia terkait pemberian bebas visa dengan tiga komitmen.

Pertama, pemberian visa jangka panjang terhadap pejabat tinggi di atas direktur, pemberian visa untuk pebisnis, dan pengetatan bandara serta pelabuhan di sana terkait kasus narkoba.

Sementara itu, pemberian catatan untuk Tiongkok adalah terkait antisipasi perdagangan narkoba dan cyber crime.

Oleh karenanya, pemerintah mengundang Dubes Tiongkok dan pihak terkait untuk melakukan kerja sama dalam bidang keamanan ini. (ant/okz)

IKLAN
loading...