Akibat Buang Sampah Sembarangan, 16 Warga Jalani Sidang

Tampak salah satu warga yang menjalani proses sidang tipiring.

MANADO — Komitmen membangun Kota Manado yang bersih dan sehat, dibutuhkan ketegasan dalam menindak setiap pelanggar. Sebab, situasi saat ini masih banyak warga yang belum sadar aturan dan masih membuang sampah sembarangan.

Terbukti, 16 warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan beberapa waktu lalu, menjalani Sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) dan harus menjalani hukuman penjara atau membayar denda, bertempat di kompleks Gedung KONI, Kecamatan Sario, Jumat (6/10).

Ke-16 warga ini divonis bersalah sebab melanggar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2006 tentang tentang pengelolaan persampahan dan retribusi pelayanan kebersihan. Akibat perbuatan ini, hakim memutuskan mereka bersalah karena membuang sampah sembarang dan bukan pada jam yang ditetapkan.

Yang mana, dalam Perda dikatakan warga membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan yaitu pukul 18.00-06.00 Wita.

“Jika melanggar Perda diancam dengan hukuman penjara atau denda. Kami tidak pandang bulu, siapapun yang buang sampah sembarang tidak pada tempatnya atau tidak pada waktu yang ditetapkan akan disidang,” tukas Kepala Bagian Hukum Pemkot Manado Budi Paskah Yanti Putri SH MH.

Diketahui, Pemkot Manado telah menurunkan tim penegakan Perda untuk menindak para pelanggar di seluruh wilayah Kota Manado. Bahkan sejak aturan ini ditegakan, ada 38 pelanggar yang terjaring lewat Operasi Tangkap Tangan (OTT) dan telah divonis membayar denda bervariasi dari Rp50 ribu sampai Rp1 juta.

Turut mendampingi proses Sidang Tipiring yang berlangsung, Kabag Pemerintahan Humas Steven Runtuwene. (sten).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020