Akibat Pandemi Covid-19, Tulude di Sangihe Hanya Dilaksanakan 2 Jam Saja

Perayaan Pesta Adat Tulude Tahun 2020 di Papunuhung Santiago Tampungan Lawo Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Manadoline.com, Tahuna- Pesta Adat Tulude yang biasa dirayakan setiap Tanggal 31 Januari oleh masyarakat Nusa Utara, khususnya di Kabupaten Kepulauan Sangihe, pada Tahun 2021 ini dipastikan akan digelar secara sederhana. 


Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Sangihe Drs Djoli Mandak. Dikatakannya Pesta Adat Tulude hanya dilaksanakan selama dua jam saja. 


“Tulude untuk tahun ini (2021) tidak dilaksanakan secara besar-besaran seperti tahun sebelumnya akibat pandemi covid-19. Sehingga untuk Tulude tahun ini hanya diselenggarakan secara sederhana, yaitu pelaksananya hanya Badan Adat. Dilaksanakan sore sekitar pukul 17.00 sampai pukul 19.00 Wita, jadi sekitar dua jaman lebih lah pelaksanaan,” ujarnya. 

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Sangihe Drs Djoli Mandak.


Disinggung siapa sajakah para peserta yang diundang ke pelaksanaan Tulude, dirinya mengaku jika peserta hanya kalangan dari Forkopimda, Anggota DPRD Sangihe, serta pimpinan BUMN. 


“Tidak ada undangan dari luar, baik dari wilayah-wilayah tidak ada undangan. Jadi yang diundang hanya Forkopimda, Anggota DPRD, OPD, Pimpinan BUMN, yang kurang lebih sekitar 100 orang. 


Pelaksanaannya di Pendopo Papunuhung Santiago Tampungan Lawo. Tidak ada acara puncak, seperti pandamean juga tidak ada serta seni budaya lainnya. Hanya pembacaan doa dan hanya sampai pemotongan kue Tamo,” pungkasnya. 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020