Alasan Wali Kota GSVL Jadikan Bahowo Kampung Wisata di Manado

Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut bersama rombongan saat mengunjungi Kampung Bahowo.
Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut bersama rombongan saat mengunjungi Kampung Bahowo.

MANADO – Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut (GSVL) terus melakukan inovasi menjadikan ibukota Provinsi Sulut ini sebagai benteng Kota Pariwisata di wilayah utara Pulau Sulawesi.

Kali ini, GSVL menyasar Bahowo untuk dijadikan Kampung Wisata di Kota Manado. Kampung Bahowo terletak di Kelurahan Tongkaina Kecamatan Bunaken.

Jarak tempuh perjalanan darat menggunakan kendaraan bermotor menuju kampung berbatasan dengan Kabupaten Minahasa Utara itu hanya memakan waktu 30 menit.

Selama ini Kampung Bahowo dikenal dengan wisata hutan Mangrovenya dengan keindahan garis pantai sepanjang 18 km yang membentang dari Selatan ke Utara.

Berhadapan langsung dengan Taman Nasional Bunaken, menjadikan Bahowo juga sebagai lokasi rekreasi dan edukasi oleh masyarakat.

Kondisi inilah yang memicu Pemkot Manado segera membenahi Kampung Bahowo untuk disulap menjadi Kampung Wisata di Kota Manado.

Wali Kota GS Vicky Lumentut menemui sekaligus mendengarkan beberapa tokoh masyarakat Kampung Bahowo. (foto: pemhum)

Selasa (24/4/2018), Wali Kota GSVL bersama Kadis Pariwisata, Lenda Pelealu telah meninjau langsung ke Kampung Bahowo bersama Kadis Dikbud, Deasy Lumowa, Kadis Perhubungan, M. Sofyan serta Kabag Pemerintahan dan Hubungan Masyarakat, Steven Runtuwene didampingi Camat Bunaken, William Wongkar.

“Kita harus benahi kampung ini supaya menjadi kampung wisata. Berbagai fasilitas terkait pariwisata harus kita siapkan disini,” pinta GSVL kepada Kadis Lenda saat meninjau Dermaga Bahowo.

Alasan GSVL menjadikan Bahowo Kampung Wisata karena letaknya strategis berdekatan dengan Pulau Bunaken. Para wisatawan yang akan menikmati keindahan bawah laut Taman Nasional Laut Bunaken bisa mampir sebentar di Kampung Bahowo.

Usai meninjau Dermaga, GSVL menemui sejumlah tokoh masyarakat kampung Bahowo untuk menampung aspirasi dan keinginan warga baik persoalan listrik maupun pelebaran jalan. ***

Penulis: antoreppy

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020