IKLAN

Angga, Pembunuh Mahasiswi Cantik Calon Pendeta itu Dibantar ke Ratumbuisang


AW alias Angga, pelaku pembunuhan Aztry Akay di bantar ke RSJ Ratumbuisang

AW alias Angga, pelaku pembunuhan Aztry Akay di bantar ke RSJ Ratumbuisang

MANADO – AW alias Angga, warga Matani II Kecamatan Tomohon Tengah tersangka pembunuhan mahasiswi calon Pendeta Aztri Akay, dibantar ke RS Ratumbuisang Sario Manado terkait pemeriksaan kondisi kejiwaan selama 14 hari.

Direktur RSJ Ratumbuisang, Jemmy Lendus membenarkan bahwa AW diminta oleh Polres Tomohon untuk menjalani pemeriksaan terkait kondisi kejiwaannya.

“Proses pemeriksaan kejiwaan memang minimal di lakukan selama empat belas hari pertama. Pasien perlu diamati berdasarkan ahli specialis dibidang itu, termasuk secara teknis oleh pihak medis perlu mengamati dari dekat. Prinsipnya kami tidak bisa mengungkapkan secara detail soal kewenangan dari dokter specialis, karna kode etik specialis yang menangani di bidang aspek kejiwaan pasien,” ujar Jemmy Lendus.

Kasat Reskrim Polres Tomohon AKP Darmanto, menjelaskan untuk pemeriksaan terhadap AW perlu dilakukan, karena hasil penilaian penyidik, AW dicurigai memiliki gangguan kejiwaan.

Lebih lanjut, Darmanto mengatakan bila hasil pemeriksaan nanti AW terbukti mengalami gangguan kejiwaan maka sesuai dengan kitab Undang-Undang Hukum Pidana pasal 44 ayat (1) KUHP tersangka AW tidak bisa dipidana.

“Mudah-mudahan hasil pemeriksaan di RSJ Ratumbuisang dia tidak mengalami gangguan kejiwaan, supaya bisa dijerat hukum,” terang Darmanto.

Sesuai Pasal 44 ayat (1) KUHP, seseorang yang mengerjakan suatu perbuatan yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kepadanya sebab kurang sempurna akalnya atau sakit berubah akal tiada dapat dipidana, kemudian pasal 44 ayat 2 KUHP, jika nyata perbuatan itu tidak dapat dipertanggungjawabkan kepadanya sebab kurang sempurna akalnya atau sakit berubah akal, maka dapatlah hakim memerintahkan memasukkan dia ke rumah sakit jiwa selama-lamanya satu tahun untuk diperiksa. (redaksi)

IKLAN
loading...