Angkat Tema Kepemudaan, 25 Band Siap Berlomba di Manado Youth Festival 27-28 April

MANADO — Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan Manado Youth festival 2019 dengan isi kegiatan berbagai macam lomba yang salah satunya yaitu lomba band.

Lomba band sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juli sampai dengan 28 Juli 2019. Dimana, peserta saat ini sudah mendaftar sebanyak 25 band yang berasal tidak hanya dari Manado tapi juga dari Mitra, Bitung, Minsel dan beberapa daerah lain di Sulawesi Utara.

Terkait kegiatan ini, Ketua Juri Lomba Band, Steven Mongkau, mengatakan untuk pemilihan lagu, dari panitia dan juri menggunakan tema kepemudaan dan juga ada penilaian khusus untuk slogan yang bernuansa Manado Fiesta 2019.

“Terkait pembawaan Manado Fiesta ini ada penilaian khusus, sehingga para peserta diharapkan bisa berkreasi, berinovasi dalam membawakan lagu. Terutama, tema kepemudaan ini bisa match dengan nuansa dukungan terhadap event internasional Manado Fiesta 2019,” ujar Steven.

Jumat (19/7), Dispora Manado, para juri dan peserta lomba band saat mengikuti technical meeting bertempat di Youth Center.

Lanjut dikatakan, peserta akan membawakan 2 lagu bebas. Dimana, untuk Manado Fiesta ditekankan tidak diwajibkan tapi alangkah baiknya untuk bisa diisi, terserah Inovasi dan kreasi dari band masing-masing. Karena pelaksanaan lomba band ini selain mengusung tema kepemudaan juga dalam rangka road to Manado Fiesta 2019.

“Bisa juga para peserta band berkreasi dengan tampilan kain Manado dan beberapa atribut yang masuk dalam penilaian seperti yang sudah dibahas dalam teknikal meeting. Tentunya event kali ini sangat menarik dan merangkul karena pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis,” sambungnya.

Sementara, terkait penilaian, Steven mengungkapkan yang dinilai diantaranya harmonisasi, penguasaan, aransemen, performance, dan beberapa penilaian lain yang sudah ditetapkan dan akan dinilai para juri.

“Para juri sendiri merupakan internal Pemerintah Kota Manado, diantaranya saya sendiri sebagai ketua juri, kedua ada finalis dari akademi AFI yang sekarang bekerja sebagai THL di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado, dan ada juga dari Sekretaris Kelurahan yang merupakan pemain Band dan yang terakhir yaitu pemerhati musik yang sekarang bertugas di Satuan Polisi Pamong Praja Kota Manado. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020