Antisipasi Covid-19, KKP Bitung Skrining Penumpang Kapal Pelni

BITUNG – Pencegahan sebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) terus diseriusi Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bitung. Buktinya, penumpang kapal Pelni yang tiba dan berangkat melalui Pelabuhan Bitung dilakukan skrining, Sabtu (14/03/2020).

Kepala KKP Bitung, dr. Pingkan Pijoh, MPHM, DK, mengatakan, skrining terhadap penumpang kapal Pelni ini dilakukan untuk mencegah sebaran Covid-19. Karena, kita ingin mengantisipasi sebaran covid-19 melalui penumpang domestik. “Langkah awal yang dilakukan yaitu pengecekan melalui alat thermo scanner. Sehingga semua penumpang yang tiba dan berangkat melalui Pelabuhan Bitung diharuskan melalui alat skrining,” ungkap Pingkan.

Lebih dijelaskan, tim Satgas Covid-19 Pelabuhan Bitung melakukan skrining terhadap penumpang domestik atau penumpang lokal. Dan bertepatan saat ini, ada kapal KM Sinabung yang masuk dari Pelabuhan Sulawesi Tengah di Pelabuhan Bitung, mengingat situasi sekarang penyebaran Covid-19 terjadi peningkatan yang begitu cepat, maka dilakukan skrining bagi penumpang KM Sinabung.

Dikatakan pula, setiap penumpang yang tiba di Pelabuhan Bitung diharuskan melalui pemeriksaan awal dengan melalui alat thermo scanner yang disiapkan KKP Bitung. “Selain itu, semua petugas TKBM (Buruh Bagasi, red) juga dilakukan desinfeksi karena sudah melakukan kontak dengan penumpang yang turun di Pelabuhan Bitung,” kata Pingkan.

Tapi sebelum kedatangan KM Sinabung kata Pingkan, tim Satgas yang didalamnya KKP Bitung, KSOP, PT Pelindo, Polsek KPS, dan PT Pelni berinisiatif melakukan pembersihan di area terminal Pelabuhan Bitung. “Tim yang dikoordinir Kepala KSOP, sebelumnya melalukan pembersihan di area dermaga pelabuhan,” tandas Pingkan.(*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020