IKLAN

Antisipasi Data Pemilih jadi Dalil Gugatan Pilkada, GSVL Sarankan DAK2 Disosialisasikan


Walikota Vicky Lumentut bersama personil KPU Manado siap menciptakan Pilkada berkualitas

Walikota Vicky Lumentut bersama personil KPU Manado siap menciptakan Pilkada berkualitas

MANADO— Pengalaman lima tahun silam, Pilkada Manado bermuara sampai ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dugaan penyimpangan data pemilih menjadi catatan serius Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut.

Dirinyanya pun meminta, Pilkada 2015 nanti kejadian itu jangan sampai terulang. Terutama soal Data Agregrat Kependudukan Per Kecamatan (DAK2) yang dinilai rawan dijadikan dalil dalam gugatan.

“DAK2 ini bukan data dari pemerintah daerah tetapi dari pusat kemudian turun ke daerah. Jadi ini perlu disosialisasikan agar tujuan kita Pilkada berkualitas bisa tercapai,’’ jelas GSVL, sebutan akrab Lumentut.

Begitu juga data-data khusus pemilih di wilayah perbatasan. GSVL meminta kepada KPU Manado jangan sampai tercecer. Orang nomor satu di Kota Manado ini memberikan contoh seperti di wilayah Tikela, perbatasan Sea, Talawaaan dan Lapangan dan salah satu lingkungan di Malendeng.

“Mereka masih inginkan pelayanan Pemkot Manado sementara mereka secara administrasi bukan lagi penduduk atau pemilih di Kota Manado. Ini perlu didalami dan butuh ketegasan dari KPU agar tidak menjadi persoalan yang bisa menjadi dalil dalam gugatan,’’ pesan GSVL sambil berharap, segala kemungkinan-kemungkinan yang bisa mencoreng kualitas pemilu kepala daerah dieliminir sedini mungkin. (anto reppy)

IKLAN
loading...