Antisipasi Penculikan Anak, Polisi Turun di Sekolah-sekolah

Salah satu sosialisai yang dilakukan Bhabinkamtibmas di sekolah di Minsel

AMURANG-Masih ingat dengan penculikan anak yang terjadi baru- baru ini di Sulut, ternyata membuat pihak Polres Minahasa Selatan (Minsel) mengambil langkah antisipasi.

Salah satunya dengan menerjunkan anggota polisi di sekolah-sekolah. Sejak Kamis 30 November dan Jumat 1 Desember 2017 anggota Polisi baik dari Polsek sampai di Polres turun di sekolah-sekolah.

Tim yang terjunkan Polres Minsel dengan menggerakkan personil Bhabinkamtibmas atau Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat.

Langkah ini dilakukan menurut Kapolrea Minsel AKBP Arya Perdana SH SIK MSi, untuk mengantisipasi aksi penculikan anak.

Dimana dalam melaksanakan kegiatan sosialisasi di seluruh sekolah terkait dengan upaya menjaga keamanan dan keselamatan para siswa siswi khususnya yang masih berada di jenjang Sekolah Dasar.

Dalam sosialisasi tersebut para siswa dan siswi diajarkan untuk lebih waspada dan berhati-hati terhadap orang yang tidak dikenal.

Disamping para pelajar ini diingatkan supaya berani berteriak minta tolong dalam situasi terjepit serta berupaya melarikan diri dari situasi yang berbahaya.

Selain itu, para guru dan masyarakat sekitar sekolah diajak untuk segera memiliki aplikasi respon cepat berbasis android yaitu Automatic Reaction Electronic Alarm (AREA).

Lebih jauh dijelaskan aplikasi AREA merupakan salah satu terobosan kreatif Polres Minsek di bidang pelayanan masyarakat berbasis IT.

“Aplikasi AREA didisain khusus untuk optimalisasi dan percepatan pergerakan anggota polisi ke suatu TKP kriminalitas, lakalantas, ataupun kejadian yang bersifat kontijensi seperti bencana alam,” jelasnya sambil menambahkan aplikasi AREA dapat didownload secara mudah dan gratis oleh para pemilik smartphone android. Aplikasi ini telah terbukti banyak membantu masyarakat dalam pengungkapan kasus serta penangkapan terhadap tersangka tindak pidana.

Terpisah, sosialisasi pencegahan penculikan anak dilakukan Polsek Tenga. “Topik utama yang kami angkat dalam kegiatan sambang ini yaitu kiat-kiat menjaga keamanan dan keselamatan diri bagi adik-adik siswa siswi yang memang rentan menjadi korban kejahatan seperti aksi penculikan,”ungkap Aiptu Herry Torar, personil Bhabin di Wilayah Kecamatan Tenga. (Vie)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020