IKLAN

Astaga…! Ketua Komite SMKN 2 Bitung Diganti Saat Sedang Pimpin Rapat


Frans 'Paks' Natang

Frans ‘Paks’ Natang

BITUNG-Proses pergantian Ketua Komite SMKN 2 Bitung, sangat dramatis dan dinilai adalah bentuk pelecehan. Pasalnya, Frans Natang,  Ketua Komite yang lama diganti tanpa sepengetahuan yang bersangkutan, pada saat dirinya sementara memimpin rapat penamatan siswa yang dihadiri 370 orang tua siswa.

“Tindakan yang diambil oleh Kepala SMKN 2 Bitung, Harold Tambayong, SPd, dengan mengganti Paks (sapaan akrab Frans Natang-red), tidak sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam Kepmendiknas nomor 044/u/2002 tentang pembentukan Komite Sekolah, ini jelas pelecehan,” ujar Jerry Lumare, pemerhati endidikan Kota Bitung, Rabu (11/5).

Ia menambahkan, memang dalam revisi Pembentukan Komite Sekolah berdasarkan PP no 17 tahun 2010 pasal 197 ayat 1, Kepsek punya hak untuk mengganti komposisi Komite Sekolah, tetapi harus sesuai prosedur, bukan secara tiba-tiba apalagi pada saat yang bersangkutan sedang memimpin rapat penamatan sekolah.

Menurut Paks, sebelum pergantian yang terjadi hari Sabtu (7/5), ia ditelepon Kepsek untuk memimpin rapat penamatan siswa yang dihadiri oleh 370 orang tua siswa. Sementara rapat berlangsung, kepsek mengumumkan kepada orang tua murid kalau komposisi Komite sekolah SMKN 2 Bitung yang baru, dimana posisinya sebagai ketua Komite telah digantikan oleh Yory Lousan. Bahkan Lousan langsung diberikan kepercayaan untuk melanjutkan memimpin rapat penamatan tersebut.

“Jelas saya sangat kecewa dan merasa dipermalukan dihadapan orang tua siswa,” ujar Paks.

Sementara itu, Kepsek SMK Negeri 2, Harold Tambayong, SPd ketika dikonfirmasi melalui ponsel, Rabu (11/5) mengatakan, belum ada pergantian ketua komite, karena akan menunggu tahun ajaran baru. (jones)

IKLAN
loading...