IKLAN

KAPAL TURKI BEROPERASI

Astaga,,, Nababan tak Bisa Jamin Tidak Ada Pemadaman Listrik


MANADO – Setelah kapal pembangkit listrik asal Turki akan beroperasi pada 23 Januari 2016. Kabarnya Sulawesi Utara tidak akan mengalami pemadaman listrik berjam-jam selama 5 tahun.

Baringin Nababan ketika menjelaskan pemadaman listrik yang terjadi selama 24 jam di Sulut

Baringin Nababan ketika menjelaskan pemadaman listrik yang terjadi selama 24 jam di Sulut

Namum GM PT PLN Suluttenggo, Baringin Nababan kepada wartawan, putra batak ini dengan lantangnya menyatakan bahwa ia tidak bisa jamin jika tidak akan ada pemadaman listrik lagi.

“Kalau soal pemadaman, mungkin bapak ibu akan bilang saya penakut. Tapi saya pastikan, kami tak bisa menggaransi tak ada lagi pemadaman,” tukas pria berkulit hitam ini. Yang berjanji siap mundur jika persoalan liatrik di Sulut akan teratasi.

Lanjut Nababan, meskipun kondisi semua pembangkit yang ada di sistem kelistrikan Sulut Gorontalo bisa menghasilkan daya surplus, bukan jaminan tak ada lagi pemadaman.

“Penyebab utama kan pemadaman listrik karena adanya gangguan.  Kalau diminta menjamin tak ada lagi defisit daya, kami bisa jamin karena sejumlah pembangkit mulai beroperasi,” aku Nababan yang saat bertemu wartawan kemarin mengunakan setelan kemeja tangan panjang putih dipadu dengan celana kain warna hitam.

Nababan menjelaskan juga  sejak Senin (18/1) PLN dan tim teknis Karadeniz Powership Indonesia sedang menyinkronkan sistem antara MVPP Zeynep Sultan–kapal pembangkit listrik–dengan sistem interkoneksi 150 kV Sulut Gorontalo.

PLTG Gorontalo mulai diujicobakan masuk sistem dengan daya 33 Mega Watt (MW).

“Semoga, kondisi kekurangan daya bisa berangsur-angsur pulih setelah ada suplai dari MVPP dan Gorontalo,” katanya.

Sementara  itu, terkait pemadaman listrik yang terjadi selama 24 jam lebih di Sulut. Nababan menjelaskan, masalah ini terjadi karena adanya  hubungan singkat di sistem interkoneksi 150 kV Sulut Gorontalo.

Gangguan ini menyebabkan terputusnya sistem Sulut Gorontalo (isolated). “Sejak Minggu, koneksi terhubung lagi. Terus kenapa masih ada yang padam, karena pembangkit yang ada tak serta merta bisa dibangkitkan sekaligus. PLTU Amurang saja butuh waktu 8 jam,” tutur Nababan. (mom)

IKLAN
loading...