Atasi TB, Dinkes Bitung Galakkan TOSS

(Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Bitung, dr. Franky Soriton/foto:herry)
(Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Bitung, dr. Franky Soriton/foto:herry)

 

BITUNG – Tingginya angka penyebaran penyakit Tuberkulosis rupanya menjadi perhatian serius Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkot Bitung. Buktinya untuk menekan penyebaran tersebut, Dinkes menelorkan aksi TOSS (Temukan, Obati Sampai Sembuh).

Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Bitung dr. Franky Soriton kepada manadoline.com mengatakan, untuk mencegah serta menekan penyebaran TB, sangat dibutuhkan peran serta masyarakat dan pemangku kebijakan dalam mendukung program penanggulangan TB. “Dengan tema Gerakan Masyarakat Menuju Indonesia Bebas Tuberkulosis, maka Kementerian Kesehatan menargetkan Indonesia Bebas TB 2050,” ungkap Soriton.

Dalam rangka mendukung program tersebut, Dinkes Pemkot Bitung telah melakukan pelatihan kader yang diikuti 48 orang dan 10 orang kader terpilih untuk melaksanakan TOSS. “Kegiatan ini sudah dilaksanakan secara serentak di 6 Puskesmas dengan target 1000 rumah,” ujar Soriton yang didampingi Sekretaris Dinas dr. Lucky.

Dari hasil yang ada kata Soriton, 1.349 rumah penduduk yang diketuk, 228 orang suspek, 26 orang penderita BTA POS, dan 21 orang sudah berhasil diobati, tapi 4 orang dilacak ditindaklanjuti oleh kader dan petugas.(hry)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020