Bagaimana Menangkal Berita Hoax Setiap Hari? Ini Kata Sekprov Silangen

MANADO– Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Utara (Sulut) Edwin Silangen mengatakan tangkal berita hoax atau informasi bohong yang merangsang pikiran dengan informasi tidak benar kepada masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Sekprov Silangen saat menjadi nara sumber Media Gathering dengan tema Peran Media Dalam Menangkal Berita Hoax di Hotel Mercure, Kabupaten Minahasa, Jumat (15/3/2019) malam, dihadiri Kepala Biro Umum Clay June Dondokambey, Staf khusus Gubernur Pdt. Lucky Rumopa dan akademisi Taufik Tumbelaka serta puluhan media cetak maupun elektronik.

Menurutnya, bagaimana menangkal berita hoax setiap hari? Biasanya media yang kredibel itu sangat mengoreksi berita-berita yang belum dicek. Jadi harus teliti dan mengetahui kebenaran secara pasti,”ungkap Silangen.

“Pak Gubernur dan pemerintah sangat bersyukur peran media menseleksi berita bohong di Provinsi ternyata sangat kondusif malah Sulut menjadi barometer karena masyarakatnya juga menjadi peran penting,’lanjutnya.

Sembari mencatat dari literasi yang ada, pers sudah menyajikan berita berita yang terverifikasi. Kemudian mampu mempertanggungjawabkan informasi yang telah di verifikasi, menyejukkan dan membuat kerukunan di tengah masyarakat.

Sementara itu, Kepala Biro Protokol dan Humas Dantje Lantang dalam laporannya menerangkan tujuan dilaksanakannya media gathering, untuk meningkatkan sinergitas Pemprov Sulut dengan media massa yang meliput di lingkungan Pemprov Sulut. Tugas-tugas kehumasan dan terciptanya kerjasama yang baik.

(srikandi)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020