Bahas Program Strategis 2020, Dinas Kesehatan Manado Gelar Rakerkesda

Kepala Kejaksaaan Negari Manado, MARYONO,SH.MH didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr. Ivan Sumenda saat menyampaikan materi dalam Rakerkesda. (foto:hcl)

MANADO – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Manado menggelar rapat kerja kesehatan daerah (Rakerkesda) dalam rangka evaluasi program tahun 2018, merumuskan masalah dan program strategis tahun 2020 yang digelar tanggal 17-18 Oktober 2019 di NDC Resort Molas Kecamatan Bunaken.

Kepada Manadoline.com, Kepala Dinkes Manado Ivan Sumenda mengatakan hari pertama pra rakerkesda dilakukan secara internal sampai dengan puskesmas-puskesmas yang ada di daerah ini.

“Dalam rakerkesda ini, kami merumuskan program strategis tahun 2020. Program yang dikeluarkan dalam rekomendasi rakerkesda ini, wajib hukumnya ditindaklanjuti dan dibuat rencana kegiatan anggaran untuk puskesmas-puskesmas,” kata Ivan.

Menurutnya, rakerkesda ini merupakan rangkaian dari pengelolaan keuangan secara akuntabilitas oleh Dinkes melalui anggaran pemerintah yang harus dibuatkan dalam perencanaan kemudian dituangkan dalam rencana kerja anggaran (RKA).

Penyusunan RKA dilakukan secara bottom-up melalui musyawarah ditingkat kelurahan yang dilakukan bersama dengan masyarakat, termasuk survey mawas diri oleh masing-masing puskesmas ada di daerah ini.

“Musyawarah dan survey mawas diri, dilakukan untuk mengumpulkan aspirasi masyarakat yang akan dirumuskan dalam rencana usulan kedepan dan melalui rakerkesda ini dibuatkan rekomendasi program strategis tahun 2020. Perencanaan dibuat tepat sasara dan datanya harus akurat dan valid,” jelasnya.

Walikota Manado, GS Vicky Lumentut akan hadir dalam rakerkesda Dinkes Manado hari kedua dan semua stakeholder lintas sektor termasuk Forkompinda bersama dengan perwakilan dari semua rumah sakit yang ada di daerah ini.

Rakerkesda bertujuan memberikan dampak terbaik termasuk peningkatan kualitas derajat kesehatan bagi masyarakat Manado dan melakukan perubahan program kesehatan ditahun 2020 yang dimulai dari puskesmas-puskesmas.

Lebih lanjut, Kadis Ivan menambahkan rekomendasi yang disampaikan oleh puskesmas-puskesmas dalam rakerkesda ini juga akan menjadi acuan untuk diusulkan dalam pembahasan APBD tahun 2020 mendatang. Program rekomendasi ini juga yang nantinya akan dibawa ke DPRD untuk dibahas.

“Intinya, semua yang dilakukan dalam rangka mewujudkan misi dari Pak Walikota yaitu masyarakat Manado dengan kualitas hidup sehat, sejahtera dengan lingkungan hidup bersih dan sehat,” kuncinya. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020