IKLAN

Bahas Ranperda Tepat Waktu, Pansus BUMD harus Jadi Contoh


MANADO-Kinerja Panitia Khusus Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)yang diketuai oleh Teddy Kumaat patut dicontohi. Pasalnya, hanya jelang waktu 2 minggu Pansus Ranperda ini sudah selesai dibahas tinggal menunggu hasil konsultasi di Kemndagri.

Mengapa Pansus BUMD ini patut untuk dicontohi, karena tahun 2016 DPRD Sulut harus menyelesaikan 16 Ranperda. Namun sangat disayangkan ada beberapa Pansus yang tidak jalan . Seperti Panus Zonasi belum juga bisa jalan mulus karena pembahasannya selalu mengalami penundaan.

Padahal, Pansus Zonasi yang diketuai oleh Edwin Lontoh sudah cukup lama dibentuk.

Ketua Pansus BUMD Teddy Kumaat yang sempat di Konfirmasi ia membenarkan jika Ranperda BUMD sudah selesai dibahas.
” Pembahasan Ranperda BUMD hanya dua minggu. Pada 4 Mei ditetapkan, kemudian ada libur beberapa hari. Nah, sesudah itu Pansus rutin melakukan pembahasan sehingga Senin (16/5) bisa selesai. Jika semua Pansus mengunakan waktu sebaik mungkin, saya merasa waktu dua minggu itu cukup untuk membahas 1 Ranperda dan 16 Ranperda bisa kita selesaikan tahun ini,” tegas Kumaat.

Meskipun Pansus BUMD bisa dijadikan percontohan.Namun sangat disayang anggota lain yang masuk dalam Pansus BUMD, banyak bekerja tidak maksimal. Bahkan ada anggota dewan sampai selesai pembahasan tidak ikut terlibat.

Kepada wartawan, Kumaat mengakui jika pembahasan Ranperda zonasi tidak harus terhambat dengan ketidak-hadiran anggota Pansus yang lain. “Ranperda BUMD ini sudah sangat mendesak. Jadi kami berkeingian pembahasannya tepat waktu,” kata Ketua Fraksi PDIP.

Yang terpantau dalam pembahasan, hanya Fraksi PDIP dan Gerindra dan Demokrat serius dalam pembahasan ini. Sementara Fraksi Golkar, Fraksi Restorasi Untuk Keadilan dan Fraksi Amat Keadilan anggotanya yang masuk dalam Pansus BUMD tidak pernah terlihat dalam pembahadan.

” Jika Fraksi Golkar kami maklumi karena sebagian besar sedang melaksanakan Munaslub di Bali,”  ungkap Kumaat. (mom)

Ini Nama-nama Anggota Pansus BUMD tidak hadir dalam pembahasan.

Fraksi NRK
Felly Runtuwene

Fraksi Amanat Keadilan
Affan R Mokodongan
Amir Liputo

Fraksi Golkar
Marlina Moha Siahaan
Eddison Masengi
Cindy Wurangian

IKLAN
loading...