IKLAN

AYOOO… RAME-RAME SAKSIKAN SABTU NANTI

Bakal Hipnotis Para Turis, Festival Torang Samua Basudara 2015 ‘Jual’ Pariwisata Sulut


festival torang samua basudaraMANADO – Sulawesi Utara (Sulut) yang dikenal kaya dengan dunia pariwisata membuat penjabat Gubernur Sony Sumarsono harus mengasa otak agar lebih dikenal di mata dunia.

Langkah awal dilakukan Sumarsono dengan menggelar Festival Torang Samua Basudara 2015. Ini tak lain untuk menggaungkan program Visit To Manado 2016 atau dikenal dengan sebutan “Mari Jo Ka Manado”.

Menurut Kadis Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Sulut, Happy Korah, Festival Torang Samua Basudara 2015 ini akan digelar Sabtu, (21/11) lusa bertempat di Lapangan Basket Megamas. Undangan yang hadir antara lain, pelaku-pelaku pariwisata, sepeti perhotelan, travel dan lain-lain.

Festival Torang Samua Basudara 2015 yang mamakan anggaran Rp700 juta itu akan menampilkan kebudayaan 3 etnis yang ada di Sulut, yakni etnis Minahasa, Bolmong dan Sangihe (Nusa Utara).

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Sulut, Happy Korah saat memberikan keterangan pers terkait Festival Torang Samua Basudara 2015

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Sulut, Happy Korah saat memberikan keterangan pers terkait Festival Torang Samua Basudara 2015

“Jadi akan ditonjolkan nilai-nilai budaya ketiga etnis itu yang diracik dalam suatu cerita rakyat yang akan ditampilkan atau diperankan oleh anak-anak sekolah kita,” jelas Korah.

Festival ini menurut Korah, sebagai pintu masuk lebih memperkenalkan dunia pariwisat yang ada di Sulut dan Manado agar para turis bisa berlama-lama tinggal di daerah Bumi Nyiur Melambai ini.

“Kegiatannya akan kental dengan nilai-nilai budaya. Termasuk juga akan diperkenalkan dimana-mana tempat-tempat wisata yang ada di Manado karena selama ini hanya Pulau Bunaken yang dikenal padahal kita di Sulut kaya asset pariwisata,” ungkap Korah.

Agenda kegiatan itu dimulai dengan bersih-bersih pantai kerjasama dengan ibu-ibu Bhayangkari. Bersih-bersih pantai ini akan memperebutkan rekor Muri. “Kalau selama ini kita ketahui rekor Muri dengan penilai banyak orang. Tapi kali ini, dinilai berapa banyak pulau akan kita bersihkan. Jadi ada lima pulau di Manado target kita,” jelasnya.

Menurut Korah, Festival ini akan menjadi kalender iven Pemprov Sulut. Saat ini dirinya sudah meminta ke kabupaten/kota lain di Sulut kalender iven periwisata yang akan mereka gelar setiap tahun.

“Nah, ini kita akan satukan dengan program provinsi di tahun berikutnya. Kapan tanggalnya, bulannya kita singkronkan digelar bersamaan. Tujuannya untuk melamatinggalkan turis di Bumi Nyiur Melambai ini. Ini pesat Pak Gubernur dalam rangka proses pembangunan Kepariwisataan di Sulut,” pungkas Korah. (antoreppy)

IKLAN
loading...