Bambang: Kondisi Transportasi di Manado Perlu Penataan  

Anggota DPRD Kota Manado, Bambang Hermawan. (foto:ml)
Anggota DPRD Kota Manado, Bambang Hermawan. (foto:ml)

MANADO – Anggota DPRD Kota Manado, Bambang Hermawan menilai kemacetan lalu lintas masih menjadi saja persoalan klasik yang terus dikeluhkan warga Manado. Hal inilah yang mendorong dirinya meminta perlu ada penataan transportasi secara menyeluruh.

“Sebenarnya sistem transportasi yang dijalankan sekarang ini sudah bagus, tapi yang menjadi permasalahan adalah implementasi tidak didukung dengan sepenuhnya oleh petugas Dinas Perhubungan,” kata Bambang, Senin (14/1).

Menurutnya, solusi mengatasi kemacetan yang terus menjadi momok yang membosankan bagi warga pengguna jasa transportasi adalah cara menyelesaikan kemacetan Manado dan diperlukan penataan secara menyeluruh.

“Ada aturan dan kebijakan yang sudah dibuat oleh Pemkot Manado, tapi hal tersebut tidak dijadikan sakti, karena kurang dilakukan penindakan tegas dilapangan,” jelasnya.

Tindakan tegas sesuai aturan harus dilakukan agar sistem transportasi yang sudah diatur berjalan baik.

Petugas Dishub juga dinilai kurang berperan dan menjalankan tanggung jawab di lapangan.

“Kalau cuma mau enak diam saja, ada yang jelas melanggar aturan soal transportasi terkesan dibiarkan, petugas Dishub yang tahu soal aturan yang dibuat Pemkot Manado tidak melakukan penindakan,” tegas Bambang.

Politisi PAN ini menerangkan, banyak hal yang bisa dilakukan meminimalisir kemacetan antara lain penindakan tegas terhadap pelanggaran aturan, melakukan penataan mode transportasi sesuai dengan kondisi lapangan dan wajib dilakukan pengawasan. (ml)