Banjir-Longsor di Manado, Totalitas GSVL-MOR Buktikan Kualitas Pimpinan

LIPUTAN KHUSUS

GSVL-MOR Pantau Banjir dan Tanah Longsor, Percepat Evakuasi Warga Yang Tertimpa Bencana

Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Bastiaan gerak cepat turun langsung memantau sejumlah lokasi yang terkena banjir yang tanah longsor, diakibatkan angin serta hujan lebat yang mengguyur Kota Manado, Jumat (1/2).

Terpantau, Walikota Vicky Lumentut, saat berada di Kelurahan Tuminting langsung membantu mengevakuasi warga lanjut usia yang mengungsi dengan menggunakan mobil patroli 901. Sembari mengimbau warga yang bermukim di wilayah bencana agar segera mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Hal serupa pun dilakukan Wakil Walikota Mor Bastiaan, yang memberikan bantuan ambulance, serta melihat evakuasi korban longsor di daerah Taas.

“Dihimbau kepada seluruh masyarakat terutama yang tinggal di bantaran sungai dan daerah rawan longsor dan banjir, harap segera mengungsi ke lokasi yang lebih aman, sambil menitip pesan, mari kita semua berdoa untuk keselamatan seluruh masyarakat kota Manado,” tutur Walikota Vicky Lumentut.

GSVL Tegaskan Data Korban Bencana Harus Akurat, Camat dan Lurah Jangan Main-main!

Pengalaman bencana banjir bandang memporak porandakan Kota Manado 15 Januari 2014 silam yang berbuntut ‘keributan’ antara masyarakat yang mengaku berhak menerima bantuan dan yang tidak namun terdaftar, membuat Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut (GSVL) lebih berhati-hati dengan peristiwa alam tahun 2019 ini.

“Camat dan Lurah yang terdampak bencana mengawal dan bertanggungjawab. Jangan main-main dengan data korban bencana. Jangan membeda-bedakan. Karena sangat penting pengolaan data korban bencana karena pengalaman tahun 2014 lalu saat Kota Manado dilanda bencana banjir bandang. Kita belum tahu peristiwa tahun ini apakah ada bantuan atau tidak, tapi kewajiban kita menyiapkan data seakurat mungkin,” pinta GSVL.

Sampah Bisa ‘Membunuh’, Wawali Mor Ajak Warga Tidak Lagi Buang Sampah Sembarangan

Pemandangan tidak ‘sedap’ seperti tumpukan sampah plastik ditemukan Wakil Walikota Manado Mor Bastiaan saat bersama Walikota GS Vicky Lumentut dan jajaran ASN-THL saat melakukan kerja bakti membersihkan material sampah banjir di Kecamatan Tuminting, Senin (4/1), membuat Wawali Mor, sapaan akrab Wakil Walikota, merasa sedih dan miris.

“Masyarakat Kota Manado, saya dan Walikota Vicky Lumentut sudah sangat sering dan bahkan selalu mengingatkan, agar jangan membuang sampah sembarangan, apalagi lokasi buangnya di sungai atau drainase. Ini sangat tidak baik, dan berdampak buruk bagi lingkungan. Contoh saja kejadian banjir ini, banyak sampah plastik tergenang, sudah dilihat dengan jelas itu adalah kebiasaan yang salah, tetap saja tidak mau merubah cara berpikir. Ayo, sama-sama kita jaga Kota kita agar selalu bersih dan bebas sampah. Jangan ada lagi sampah berserakan, saling tegur satu dengan yang lain bila terlihat membuang sampah sembarangan,” ujar Wawali Mor.

Tidak Kenal Libur, GSVL-MOR Tetap All Out Panas-Panasan Bantu Warga Korban Bencana

Meski hari libur dalam rangka Tahun Baru Imlek, namun hal itu tidak menyurutkan semangat Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Bastiaan untuk kembali bersama-sama dengan warga korban bencana banjir-tanah longsor, Selasa (5/2). Keduanya ‘nekad’ berpanas-panasan dibawah terik matahari membantu warga membersihkan material sampah banjir itu.

Saat menyapa warga dari rumah satu ke rumah lainnya, Walikota Vicky Lumentut dan Wawali Mor turut menyalurkan bantuan berupa makanan, pakaian, popok untuk bayi. Sekaligus membantu membersihkan rumah warga yang terkena banjir serta mendata sejumlah kerusakan sambil mendengarkan keluhan para warga.

“Kami turun langsung melihat kondisi warga sekaligus membersihkan lumpur dan sampah. Semuanya harus cepat dibersihkan dan diangkat, supaya tidak menjadi wabah penyakit, apalagi banyak anak-anak balita di tempat ini,” tutur Walikota Vicky Lumentut.

Pungkasnya, mari kira terus saling membantu dengan warga yang kena bencana tanpa membedakan agama, suku dan ras, karena kita semua bersaudara.

Penulis : Stenlywb

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020