IKLAN

Bantuan Bencana Kini Berproses di Kemenkeu, Lahan Relokasi Tergantung Pemprov


Sekretaris Kota Manado Haefrey Sendoh bersama Direktur Tanggap Darurat pada Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Pusat, Junjungan Tambunan

Sekretaris Kota Manado Haefrey Sendoh bersama Direktur Tanggap Darurat pada Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Pusat, Junjungan Tambunan

MANADO— Perjuangan Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut tak pernah capek melobi pemerintah pusat terkait dana bantuan bencana alam banjir bandang dan tanah longsor di Kota Manado, 15 Januari 2014 lalu, hasilnya bukan isapan jempol belaka.

Bantuan tersebut segera direalisasi melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat itu kembali ditegaskan Sekretaris Kota (Sekkot) Manado, Haefrey Sendoh setelah dirinya bertemu Direktur Tanggap Darurat pada Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Pusat, Junjungan Tambunan dalam ibadah syukuran Rukun Keluarga Rogi, Sabtu (31/1) akhir pecan.

“Saat ini proses sudah berjalan di pusat. Dana yang diusulkan dalam rangka relokasi penduduk Kota Manado yang terkena dampak banjir 15 januari 2014 sudah berproses di Kementerian Kuangan dan di DPR.” ujar Sendoh yang juga anggota rukun yang dilaksanakan di rumah Junjungan Tambunan di kawasan Malalayang.

Berdasarkan pengakuan Tambunan, menurut Sendoh dalam waktu tak l;ama dana bantuan tersebut akan masuk ke rekening BNPB. “Nah, disini pihak BNPB harapkan Pemprov Sulut segera menyelesaikan tanah. Lokasi akan disediakan Pemprov Sulut itu di kawasan Pandu.’’ Jelas Sendoh.

Setelah itu, pihak-pihak terkait akan diskusi dan pematangan untuk kegiatan pembangunan. “Menurut BNPB, kegiatan pembangunan ini nantinya akan dikelola pemerintah kota. Jadi Pemprov menyediakan lahan proses pengerjaannya diawasi pemerintah pusat,’’ pungkas Sendoh. (anto reppy)

IKLAN
loading...