Bantuan Pertanian PAJALE Mendarat di Minahasa, Wowiling Sampaikan Hal Ini

TONDANO—Pemerintah Provinsisi Sulawesi Utara dalam hal ini Dinas Pertanian dan Peternakan yang dikomandoi langsung Ir. Novly Wowiling menyalurkan bantuan bibit PAJALE (Padi, Jagung dan Kedeley) kepada 10 kelompok tani yang ada di Desa Sumarayar, Langowan Timur, Rabu (11/4/207).

Wowiling dalam pemaparannya mengatakan, pasukan dari Provinsi dan Kabupaten akan menyisir habis tiap desa untuk melihat potensi pertanian yang ada.

“Kita akan melakukan survei untuk menyelesaikan apa yang dibutuhkan petani, baik lahan sampai bercocok tanam. Jadi kalau ada desa yang punya potensi pertanian segera laporkan, pasti kita siap kawal. Tim juga nantinya akan turun kedesa-desa, agar dapat melihat potensi-potensi pertamian yang ada dikabupaten Minahasa” imbuhnya.

Sementara Kadis Pertanian dan Peternakan kabupaten Minahasa Ir. Suban Torar menyampaikan, semua ini berkat sinergitas antara kabupaten dan provinsi yang berjalan baik, serta berharap agar semua yang diberikan kepada kelompok tani dapat diolah.

“Khusus untuk desa Sumarayar sedang dipersiapkan untuk menjadi desa mandiri benih padi, sehingga kebutuhan di desa lain bisa tersedia disini. Semua ini berkat sinergitas yang sangat baik, antar pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten Minahasa” ungkapnya.

Diketahui, bantuan pertanian khusus Pajale (padi, jagung, kedelai) untuk Minahasa tahun ini mencapai 73 ribu lebih hektar, masing-masing padi ladang 20.000 hektar, padi sawah 2.000 hektar, jagung 45.450 hektar dan kedelai 6.000 hektar. Selain itu, turut diserahkan pula bantuan vaksin rabies untuk divaksinasikan bagi hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. ***

Penulis: riedelmemah

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020