Banyak Bangunan di Manado Langgar Aturan, Maramis Minta Pol PP Bongkar

Anggota Komisi C DPRD Kota Manado, Roy Maramis. (foto:ml)
Anggota Komisi C DPRD Kota Manado, Roy Maramis. (foto:ml)

MANADO – Anggota Komisi C DPRD Manado, Roy Maramis meminta upaya penertiban pelanggar Izin Mendirikan Bangunan (IMB) terus terjadi di Manado.

“Masih banyak pelanggar IMB di Kota Manado yang sampai sekarang belum ditindaklanjuti oleh Pemkot Manado,” kata Maramis, kepada Manadoline.com, Rabu (14/11).

Menurut Maramis, hal yang sering terjadi pelanggaran di lapangan seperti pelanggaran sempadan badan jalan,  sungai termasuk pelanggaran bangunan dan pelanggaran IMB dan hal ini pihak PTSP harus bertanggung jawab.

“Pelanggaran IMB utamanya terkait jarak bangunan dengan garis sempadan. Mulai dari sempatan jalan, sempadan sungai, ataupun sempadan saluran irigasi,” jelasnya.

Biasanya pemilik memang sengaja melanggar aturan garis sempadan sesuai IMB. Karena tidak ketahuan dan hanya didiamkan maka itu terus berlanjut.

Maramis menegaskan, apapun bentuk bangunan yang sudah diatur dengan IMB termasuk bangunan lama harus mengikuti aturan yang ada.

“Silakan kita lihat di lapangan, bangunan bangunan yang melanggar sempadan jalan dan sungai. Bahkan, ada bangunan yang dibangun melebihi batas,” tegasnya.

Ada aturan kemudian itu dilanggar, Maramis meminta untuk dibongkar, itu langkah yang harus diambil Pemkot Manado.

“Kapasitas saya sebagai anggota DPRD Kota Manado, meminta bangunan yang melanggar termasuk pelanggaran sempadan jalan, sungai harus dibongkar. PTSP didampingi Pol PP harus bongkar tidak boleh pilih-pilih,” ungkapnya.

Fasilitas publik yang dirusak dan dialihfungsikan seperti trotoar dan jalur hijau harus ditindak. Siapa yang melanggar dan merusak harus ditindak bahkan bangunannya harus dibongkar. (ml)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020