Bapelitbang Gelar Pendampingan Penginputan e-Sakip, e-Monev, ROPK dan e-dbase/SIPD

MANANDO – Bapelitbang Manado menggelar pendampingan penginputan sistem e-Sakip, e-Monev, ROPK dan e-dbase/SIPD. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 23 September 2019 sampai 01 Oktober 2019 ini bertempat di Meeting Room Bapelitbang Kota Manado dihadiri oleh seluruh Perangkat Daerah (PD) se kota Manado yang berjumlah 53 Perangkat daerah. 

Untuk sistem e-Sakip, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk merevisi penginputan Indikator, Program dan Kegiatan serta target yang harus di sesuaikan dengan Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Perjanjian Kinerja (PK) masing masing PD dikarenakan masih terdapat beberapa PD yang masih keliru baik dalam penginputan maupun pemasangan target pada Indikator di sistem e-Sakip .

Indikator indikator pada sistem e-Sakip mengacu pada RPJMD dan atau Renstra masing-masing PD.Pada sistem ROPK, pendampingan dilaksanakan untuk menginput kembali Progran dan Kegiatan serta Pagu anggaran yang disesuaikan pada DPA perubahan masing – masing PD. ROPK juga terkoneksi langsung pada sistem e-Monev. Dan pada sistem e-dbase /SIPD adalah untuk menginput data pada Kategori masing masing PD. Data yang diinput menyesuaikan dengan data yang telah ditentukan Kemendagri dan diambil dari data masing-masing PD.Khusus untuk e-Sakip dan e-Monev, pendampingan ini juga bertujuan sebagai bahan pembuatan laporan Monev APBD dan laporan e-sakip Sampai dengan Triwulan III Tahun anggaran 2019.

Disisi lain, Kaban Bapelitbangda Kota Manado DR. Liny Tambajong ST, M.Si melalui Kabid Monitoring dan Evaluasi Ir. Fredie Telew berpesan agar tidak ada lagi kekeliruan dan bahkan tidak ada lagi PD yang belum menginput Indikator indikator pada sistem e-Sakip. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020