Bawaslu Lantik Panwascam Sangihe, Bawenti: Pahami Fungsi dan Tugas Berdasarkan Regulasi

Ketua Bawaslu Sangihe saat menandatangani berkas pelantikan Panwascam.

Tahuna- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sangihe melantik 44 Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), Senin (30/12) di Aula Efrata Evrison Hold sekitar pukul 14.00 Wita. 

Ke 44 anggota Panwascam yang baru dilantik, disaksikan Asisten III, Danlanal Tahuna, serta perwakilan Forkopimda ini, telah selesai menjalani tes tertulis dan wawancara beberapa minggu yang lalu. Nantinya mereka akan bertugas di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe. 

Dalam kesempatannya, Ketua Bawaslu Sangihe Junaidi Bawenti menyampaikan ucapan selamat kepada Panwascam yang terpilih. Karena telah mengikuti seleksi yang ketat sesuai aturan Bawaslu Republik Indonesia. 

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh anggota Panwascam yang terpilih. Karena yang terpilih saat ini telah mengikuti seleksi yang ketat. Dari penelitian berkas, tes tertulis hingga tes wawancara. Tetap berkoordinasi dengan Tripika di kecamatan, selain memperkenalkan diri, juga menyampaikan program-program yang akan dijalankan.” kata Bawenti. 

Seluruh anggota Panwascam juga diminta Ketua Bawaslu, untuk senantiasa memahami tugas dan fungsinya berdasarkan regulasi yang telah ditetapkan. 

“Pahami tugas dan fungsi berdasarkan regulasi. Melakukan pencegahan yang berpotensi pelanggaran, tanpa terkecuali. Jangan takut kepada siapapun yang terbukti melakukan pelanggaran.” tegasnya. 

Dirinya pun meminta kepada seluruh Panwascam, agar tidak mengecewakan masyarakat dan Bawaslu Sangihe. Karena mereka adalah terbaik dari yang baik yang telah dipilih menjadi Panwascam. 

“Jangan kecewakan masyarakat, dan kami Bawaslu Sangihe yang telah memilih mereka, karena mereka adalah yang terbaik dari yang baik. Dan saya harap mereka tidak memihak kepada siapapun, baik itu pribadi, kelompok, golongan dalam melakukan penindakan.” pintanya. 

Disinggung kenapa hanya 44 orang yang dilantik, karena seharusnya ada 45 orang Panwascam yang dilantik, Bawenti mengakui bahwa satu orang calon Panwascam yang tidak dapat dilantik karena tak mengikuti tes tertulis dan wawancara. 

“Ya benar satu yang tidak dilantik, bukan karena tidak ada yang mendaftar, tapi karena yang bersangkutan tidak mengikuti tes tertulis dan wawancara. Itu ada di Kecamatan Marore, jadi hanya ada dua orang Panwascam di Kecamatan Marore. Selain Marore semua kecamatan lengkap, ada 3 orang Panwascam.” pungkasnya. 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020