Bawaslu Sulut Gelar Bimtek Penyusunan Keterangan Tertulis Hasil Pilkada

Koordinator Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi Bawaslu Sulut saat menyampaikan materi dalam Bimtek Penyusunan Keterangan Tertulis. (Foto:manadoline)

Manadoline, Manado — Koordinator Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Utara, Supriyadi Pangellu meminta jajaran pengawas Kabupaten/Kota, Kecamatan, Kelurahan/Desa dan pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS), agar memaksimalkan tugas kerja pengawasan jelan hari pemungutan dan perhitungan suara 9 Desember 2020 mendatang.

Hal tersebut disampaikannya dalam kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Keterangan Tertulis Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2020 Gelombang III yang digelar di Mercure Hotel Manado sejak tanggal 20 – 21 November 2020.

“Saya meminta jajaran pengawas dari tingkat Kabupaten, Kota, Pengawas Kecamatan, Pengawas Kelurahan dan Desa, Pengawas TPS agar semakin giat melakukan tugas kerja pengawasan jelang hari H pemungutan dan perhitungan suara 9 Desember nanti,” ungkapnya.

Lanjutnya, menunjang tugas kerja pengawasan jajarannya, Bawaslu Sulut terus memberikan penguatan melalui bimbingan teknis (Bimtek) terkait semua tahapan Pilkada Serentak Lanjutan tahun 2020, termasuk tugas kerja yang dilakukan pasca pemungutan dan perhitungan suara.

Putra porodisa itu menegaskan, pengetahun yang diberikan melalui Bimtek terkait tugas pasca pemungutan dan perhitungan suara sangat penting, dan ini menjadi tanggung jawab teman-teman jajaran pengawas, terutama membuat keterangan tertulis terhadap tahapan hasil Pilkada yang berujung pada gugatan Mahkamah Konstitusi.

“Keterangan tertulis tidak hanya menjawab pokok perkara dalam gugatan, tapi bagaimana teman-teman pengawas mempertanggungjawabkan yang sudah dilakukan terhadap semua tahapan Pilkada,” tegasnya.

Pangellu menambahkan, dalam Bimtek Penyusunan Keterangan Tertulis Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2020 Gelombang III, para peserta juga dilatih bagaimana menyampaikan keterangan tertulis dalam simulasi sidang. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020