BBGRM Sulut ke-14 Bukti Implementasi Program ODSK

Kepala Bidang
Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat Desa Rinny Mamahit DPM-DD Sulut, Rinny Mamahit saat kegiatan BBGRM ke-14 di Taman Kota Tombatu Mitra, Selasa (16/5/2017) (foto:kandi/ML)

MITRA– Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-14 tingkat Sulawesi Utara (Sulut) memberikan motivasi kepada Kabupaten/Kota untuk mensukseskan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) yakni Operasi Dasar Selesaikan Kemiskinan (ODSK).

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Daerah (DPM-DD) Sulut Roy Mewoh melalui Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan Masyarakat Desa Rinny Mamahit disela-sela kegiatan BBGRM berlangsung di Taman KotaTombatu Minahasa Tenggara (Mitra), Selasa (16/5/2017) siang.

Diketahui pencanangan BBGRM ke-14 lewat pelaksana DPM-DD Sulut, dipercayakan Pemprov lewat Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw dimana Mitra menjadi tuan rumah pelaksanaan 2017 ini.

Kegiataan ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada Kab/Kota untuk mensukseskaan BBGRM yang mengangkat tema, “Dengan semangat bulan bakti gotong royong tahun 2017, kita sukseskan secara bersama program Pemprov yakni ODSK,”tutur Mamahait.

Lanjutnya, dalam pelaksanaan BBGRM untuk mewujudkan dan mensukseskan program ODSK, salah satu terbukti beberapa bantuan yang sudah diserahkan dari beberapa SKPD Provinsi ke Kabupaten.

Diantaranya, dinas pelaksana (DPM-DD-red), Dinas Perkebunan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan beberapa Dinas Pertanian, Dinas Kehutanan, Dinas Pangan, Balai Mata, Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan,”beber Mamahit.

Paling penting, Mamahit menegaskan BBGRM bisa dikatakan satu gebrakan dari DPM-DD. Alasannya semua sama-sama tahu bahwa kita mensinergitaskan program Pemerintah Pusat dari program Pemprov dibahwa kepemiminan Gubernur Olly Dondokambey dan kehadiran pencanangan Wagub Steven Kandouw.

Didukung dan turut serta hadir dalam pencanangan Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sulut Ir Rita Dondokambey Tamuntuan dan wakil TP-PKK Ibu Kartika Devi Kandouw Tanos MARS,”tuturnya.

Kedepan, setelah pencanangan ini berarti Pemerintah Desa, Kabupaten lain akan menyusul. “Kegiatan BBGRM ini sudah ke-14 jadi sebelumnya sudah ada kegiatan-kegiatan terlebih dahulu, seperti tahun lalu di Bolmut dan sukses digelar sebagai penyelenggara. Puji Tuhan sukses,”harap Mamahit.

Sembari menambahkan pencanangan tersebut ditandai pemukulan tetengkoren oleh Wagub Steven Kandouw, Ketua TP-PKK Sulut Ir Rita Maya Dondokambey Tamuntuan, didampingi Direktur Bidang Kelembagaan dan Kerjasama Desa Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Yuliati MM dan Kadis DPM-DD Sulut Roy Mewoh.

Dalam BBGRM ke-14 ini, DPM-DD memberikan bantuan yakni bantuan-bantuan kepada kelompok masyarakat khususnya di Mitra.

Antara lain, bantuan kepada kelompok masyarakat seperti 200 bibit pohon, bahan bahan ketering, alat kesehatan, penyerahan piala dalam pelaksanaan lomba stand tingkat kecamatan, penyerahan kartu BPJS khusus lansia, juga pasar murah,”kuncinya.

Turut hadir Wali Kota/Bupati se-Sulut bersama Ketua TP-PKK Kab/Kota, dan untuk Mitra sebagai tuan rumah hadir karang taruna, LPM, para kelompok tani, hukum tua, lurah, camat juga kelompok-kelompok masyarakat lainnya yang tergabung dalam kelembagaan baik di desa, kabupaten hingga tingkat Provinsi. Seluruhnya diperkirakan capai ribuan tamu undangan.

Rep/editor: srikandi 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020