Belanja di Pasar Tradisional, Khouny Kampanye Diet Plastik

(Ketua TP-PKK Kota Bitung. Ny. Khouny Lomban Rawung saat berbelanja di Pasar Winenet sekaligus mensosialisasikan Diet Kantong Plastik dan Jaga Yaki ke pedagang)
(Ketua TP-PKK Kota Bitung. Ny. Khouny Lomban Rawung saat berbelanja di Pasar Winenet sekaligus mensosialisasikan Diet Kantong Plastik dan Jaga Yaki ke pedagang)

BITUNG – Ketua TP-PKK Kota Bitung Khouny Lomban Rawung mensosialisasikan program pemerintah “Diet Kantong Plastik” kepada sejumlah pedagang di Pasar Winenet.

Kepada sejumlah pedagang, Khouny menjelaskan saat ini Pemerintah Kota Bitung bersama TP-PKK Kota Bitung telah mencanangkan gerakan “Diet Kantong Plastik” yang bertujuan untuk mengurangi tumpukan sampah plastik. “Plastik memang musuh lingkungan yang belum banyak diketahui orang. Kalaupun tahu, kebanyakan memilih untuk tidak peduli atau pura-pura tidak tahu. Wajar saja, kantong plastik yang selalu diberi gratis saat berbelanja memang menawarkan kepraktisan untuk membawa bawang belanjaan.┬ádi balik kemudahan itu, plastik menyimpan bahaya yang menyeramkan. Bahan-bahan plastik kebanyakan mengandung racun yang tak hanya merusak tanah, tapi juga organ tubuh manusia” jelas Rawung saat berbelanja Barito (Bawang, Rica, Tomat).

Tambahnya, ketika dibuang, kantong plastik ini butuh waktu ratusan tahun agar bisa diurai tanah. Selama waktu yang panjang itu plastik akan mencemari tanah. “Dengan membawa tas belanja sendiri selain dapat mengurangi penumpukan sampah plastik,” katanya.

Pada kesempatan itu, Khouny yang juga Duta Yaki menyempatkan mensosialisasi sekaligus mengajak masyarakat Selamatkan Yaki. “Yaki ada hewan yang dilindungi. Jadi mari sama-sama kita jaga yaki,” ujar Khouny sembari memperlihatkan logo Selamatkan Yaki yang ada di tas belanjaannya.(hry)