Belum Terkonfirmasi Positif Covid-19, PDP Asal Bitung Meninggal

Proses pemakaman Pasien Dalam Pengawasan. (Insert: Kadis Kesehatan Pemkot Bitung. dr.. Jeanete Watuna, DK. (Foto: Manado Line)

BITUNG – Pasien Dalam Pengawasan (PDP), jenis kelamin laki-laki (52) asal Koya Bitung, dikabarkan menghebuskan nafas terakhir pada Sabtu, (11/04/2020) sekira pukul 22.00 Wita di RSUP Prof. Kandou Manado.

Kadis Kesehatan Pemkot Bitung, dr Jeaneste Watuna mengatakan, awalnya pasien tengah menjalankan tugas. Tiba-tiba pasien pingkan dan langsung dilarikan ke RSUD Manembo-manembo pada Sabtu (11/04/2020) sekitar pukul 17.00 Wita. “Setelah mendapat penanganan medis sekitar satu jam di RSUD Manembo-nembo, pasien akhirnya dirujuk ke RSUP Prof. Kandou Manado pada pukul 18.00 Wita,” ungkap Watuna sembari menambahkan, pada pukul 22.00 Wita, pasien dikabarkan telah meninggal.

Saat itu juga, kata Watuna, Dinas Kesehatan Pemkot Bitung langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulut melakukan penguburan. “Penguburan dilakukan pukul 06.30 Wita di Pekuburan Umum Pinokalan secara standar protokol Covid-19, dengan menggunakan APD lengkap dan berjalan dengan baik,” ujar Watuna.

Ditambahkan pula, penguburan jenazah dilakukan sesuai standar protokol Covid-19, karena Menurut pihak RSUP Prof. Kandou, pasien punya gejala sama dengan Covid-19, tapi masih kategori PDP dan belum dinyatakan positif. “Penguburan juga dihadiri pihak pemerintah dan kepolisian,” tandas Watuna.(*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020