Bendungan Kuwil Atasi Banjir di Kota Manado

Teddy Kumaat

MANADO-Pembangunan Bendungan Kuwil  salah satu cara yang dibuat Pemerintah Provinsi untuk mengatasi bencana banjir di Kota Manado. Hal ini disampaikan langsung oleh mantan Wakil Walikota Manado, Teddy Kumaat.

Teddy Kumaat
Teddy Kumaat

Kumaat yang sudah menjadi wakil rakyat di DPRD Sulut menyatakan, dengan adanya Bendungan Kuwil nanti akan bisa mereduksi curah hujan yang cukup tinggi.
Lanjut Kumaat, Pemprov sudah sementara membangun Bendungan Kuwil. Nah, tugas Pemerintah Kota Manado yang harus segera dilakukan dalam mengatasi bencana banjir adalah penertiban daerah aliran sungai.

” Memang tidak gampang, tapi Pemkot Manado harus tegas. Karena pada umumnya, mereka yang tinggal di pinggiran aliran sungai tidak memiliki IMB, ini harus dilakukan pendekatan secara persuasif,” papar Kumaat.

Kepada wartawan, Ketua Fraksi PDIP  menyatakan juga Pemkot harus membangun rumah susun.  ” Aliran sungai harus dibebaskan. Kemudian ditata, pasti ada investor yang akan meliriknya misalnya membangun restoran atau apa saja,” kata Kumaat.

Kumaat juga mengingatkan Pemerintah Kota Manado harus  menyediakan  Kapal Kero khusus untuk sungai.

“Semenjak saya kecil. Tidak pernah dengar ada pengerukan sungai di Kota Manado. Makanya setiap hari endapan sungai bertambah akibat sudah banyak hutan yang gundul. Mengakibatkan endapan di sungai semakin tinggi. Kapal keroh tidak mahal, pasti Pemkot dapat membelinya,” ujar Kumaat. (mom)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020