Berawal dari Lumba-lumba, Wisman China Tanya ke Olly Begini

Terobosan baru dilakukan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw untuk mendongkrak pariwisata. Nyata pertama kali dibuka penerbangan langsung Tiongkok-Manado, disambut hangat para turis dengan kunjungan pertama pada 4 Juli 2016, salah satunya di gereja Sentrum Manado yang terdapat monumen kenangan perang dunia ke-2 (foto:kandi/ML)

MANADO– Ternyata bermula dari wartawan asal China melirik lumba-lumba kepada Gubernur Olly Dondokambey sehingga menjadi daya tarik wisatawan asing (Wisman) ke Sulawesi Utara (Sulut).

Hal ini diungkapkan Gubernur Olly belum lama ini saat Focus Group Diskusi Peran dunia usaha dalam menunjang program operasi daerah selesaikan kemiskinan (ODSK) di ruang CJ Rantung Kantor Gubernur.

Kenapa banyak orang China datang ke sini (Sulut-red)? tanya gubernur. Ia mengungkapkan masyarakat Sulut nenek moyangnya berasal dari China.

Lanjutnya, Duta Besar China mengirim beberapa wartawan ke Sulut.”Mereka ke Bunaken lalu menyebrang makan ke City Ekstra. Sementara kapal jalan ada lumba-lumba muncul dipermukaan, ternyata lumba-lumba jadi pusat perhatian. Oh iya tiap hari begini,”jawab Olly ketika ditanyai wartawan China apakah tiap hari lumba-lumba muncul ke permukaan laut.

Alhasil, menurut gubernur wartawan China lebih banyak lagi datang. Akhirnya dengan lobi beberapa pihak, beberapa pesawat khususnya Lion Air diberi ijin lakukan penerbangan langsung Tiongkok-Manado.

“Presiden Jokowi juga sangat berperan penting di Sulut. Itu saya kira awal prosesnya sehingga wisman China banyak datang hingga saat ini,”kunci Olly yang disambut applouse tamu undangan saat acara tersebut. (srikandi)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020