Berkat Aplikasi AREA, Pelaku Tabrak Lari Pakuweru Berhasil Ditemukan

AMURANG–Prestasi gemilang bagi Kapolres Minahasa Selatan (Minsel)  AKBP Arya Perdana SH SIK MSi. Betapa tidak, program aplikasi AREA atau Automatic Reaction Electronic Alarm yang diberlakukan sejak lama membuahkan hasil gemilang.

Pelaku tabrak lari dan kendaraan yang berhasil diungkap Polres Minsel. Ini adalah Vidio yang diunggah Polees Minsel saat melakukan penangkapan terhadap pelaku tabrak lari.

Dimana peristiwa kecelakaan lalulintas (Lakalantas) tabrak lsri terjadi di ruas Jalan Trans Sulawesi Desa Pakuweru Kecamatan Tenga, pada Senin (27/11/2017) sekira pukul 11.45 wita,  antara kendaraan bermotor roda empat jenis Daihatzu Xenia warna putih dengan nomor Polisi DB 1927 AM menabrak seorang pengendara sepeda motor, Hendri.

Usai terjadi tabrakan pengendara Xenia bukannya menolong korban malah melarikan diri. Namun aksi nekat menghindar dari tanggung jawab akahirnya sia-sia.

Pihak kepolisian berhasil menangkap sopir dengan kendaraan Xenia putih yang dibawahnya lengkap dengan bukti penyot dibagian kiri kendaraan. Dimana keberhasilan pengungkapan kasus tabrak lari ini tidak terlepas dari peran aktif warga masyarakat atas nama Ibu Sendra Kalangi yang segera mengupload kejadian ke dalam aplikasi AREA atau Automatic Reaction Electronic Alarm.

“Saat itu saya sedang mengadakan perjalanan ke Manado, tiba di jalan Trans Sulawesi tepatnya di Desa Pakuweru terjadi lakalantas tabrak lari antara Xenia DB 1927 AM menabrak sepeda motor; saya pun langsung mengupload kejadian tersebut ke aplikasi respon cepat Polres Minsel yaitu AREA Masyarakat,” ungkap Ibu Sendra.

Sesaat kemudian, seluruh personil Polres Minahasa Selatan yang memiliki smartphone langsung menerima dering alarm kejadian melalui aplikasi AREAnya.

“Menerima alarm lakalantas di aplikasi AREA, kami segera menggelar perkuatan melalui kegiatan razia dan patroli sehingga pihak kepolisian berhasil menghentikan kendaraan bersama pelaku tabrak lari selanjutnya langsung dibawa dan diamankan untuk proses penyidikan,” jelas Kasat Lantas AKP Ferdinand Runtu, SH.

Sedangkan korban Hensry saat ini telah di rujuk ke RSUP Prof Kandou Manado karena mengalami benturan dan luka yang serius.

Kapolres Minahasa Selatan AKBP Arya Perdana SH SIK MSi, menyatakan apresiasi kepada warga masyarakat yang cepat tanggap dalam menyikapi kejadian lakalantas dengan segera mengupload ke dalam aplikasi AREA.

“Aplikasi AREA ini memang kami desain untuk mempercepat penanganan terhadap kejadian kriminalitas, lakalantas maupun yang bersifat kontijensi lainnya melalui sistem alarm panic buton,” jelas Perdana sambil menambahkan dengan adanya aplikasi tersebut membuat mobilitas personil polisi ke TKP berjalan cepat dan optimal.

Atas bantuan masyarakat tersebut Perdana menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah membantu pihak kepolisian melalui aplikasi AREA. (Vie)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020