IKLAN

Berpotensi Wisata, Air Terjun di Kobo Kecil Dilirik Pemkot Kotamobagu


 

Slah Satu Potensi Wisata Air Terjun di Bolmong Raya yang Belum Disentuh Pemda. (f-yoan/manadoline)

Salah Satu Potensi Wisata Air Terjun di Bolmong Raya yang Belum Disentuh Pemda. (f-yoan/manadoline)

KOTAMOBAGU – Obyek wisata air terjun yang ada di Kota Kotamobagu mulai dilirik pemerintah kota. Melalui instansi terkait Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informasi (Dishubparkominfo) meninjau langsung lokasi Air Terjun Molipungan yang memiliki 6 trip air terjun, pekan ini.

Peninjauan lokasi wisata yang terletak kurang lebih 4 km arah selatan Desa Kobo Kecil Kecamatan Kotamobagu Timur dipimpin Kepala Dishubparkominfo Hi Moch. Agung Adati ST MSi.

“Survei lokasi yang kami lakukan, air terjun tersebut mempunyai 6 trip air terjun, dengan ketinggian yang bervariasi. Ini adalah keunggulan tersendiri dari air terjun molipungan yang memiliki trip pertama dengan ketinggian kurang lebih 7 meter, trip kedua 30 meter, trip ketiga 7 meter, trip keempat, trip kelima dan keenam masing-masing kurang lebih 10 meter,” sebut Agung, Jumat (19/6) sore.

Kemudian untuk mencapai lokasi air terjun tersebut dapat menggunakan kendaraan roda empat dan dua. Hanya saja untuk mobil baru bisa sampai di ujung aspal, sehingga masih harus dilanjutkan dengan berjalan kaki atau dengan kendaraan roda dua yang berjarak kurang lebih 800 meter.

“Akses jalan untuk mencapai lokasi air terjun belum sepenuhnya bisa menggunakan kendaraan roda 4. Perjalanan menuju lokasi bisa dilanjutkan dengan kendaraan roda 2 melalui tepian DAS Molipungan,” jelasnya.

Sementara itu pada tahun 2015 melalui kegiatan di bidang pariwisata telah menganggarkan pembebasan lahan dan penyusunan Detail Engineering Design (DED) melalui APBD Tahun 2015 sekitar Rp 500 juta. (yoan)

IKLAN
loading...