IKLAN

Bersama TNI-AD Bupati Salihi Mokodongan Tanam Padi Perdana di Dumoga


 

Bupati Salihi (kiri) dan Jajaran TNI-AD Tanam Padi Perdana di Kecamatan Dumoga. (f-humas bm)

Bupati Salihi (kiri) dan Jajaran TNI-AD Tanam Padi Perdana di Kecamatan Dumoga. (f-humas bm)

BOLMONG – Salah satu penjabaran dari visi Bolmong adalah memberdayakan ekonomi lokal yang berbasis kerakyatan. Mewujudkan misi tersebut diupayakan dengan meningkatkan produksi pertanian, khususnya padi sawah.

Hal ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional, dengan mengurangi impor berbagai hasil pertanian, termasuk impor beras.

Untuk itu mewujudkan misi tersebut Pemkab Bolmong dengan berbagai pihak terkait, antara lain TNI-AD bertekad mensukseskan ketahanan pangan, guna mendukung pencapaian program swasembada pangan tahun 2015, yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Mengawal pelaksanaan program di lapangan, Bupati Hi Salihi B. Mokodongan melakukan penanaman padi perdana yang dilaksanakan di Desa Ponompiaan Kecamatan Dumoga, Rabu (26/8).

Penanaman padi perdana tersebut diikuti Dandim 130Ketua Tim Upaya Khusus Staf Teritorial Kolonel (Inf) Jonas Nainggolan, Dandim 1303 Bolmong Letkol (Inf) Sampang Sitohang, staf ahli Pangdam, Kajari Kotamobagu Fien Ering SH MH, Waket Pengadilan Negeri Kotamobagu, Danramil Dumoga, Kapolsek se-Dumoga Raya, serta para Bintara Pembina Desa (Babinsa).

Dalam sambutannya Bupati Hi Salihi menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Dandim 1303 BM beserta jajarannya atas terjalinnya kerjasama yang baik dengan Pemkab Bolmong, dalam meningkatkan produksi pertanian di wilayah Bolmong, dengan melaksanakan penanaman padi perdana.
“Saya berharap kerjasama yang baik ini dapat terus berkelanjutan di masa-masa yang akan datang,” ujar bupati kemarin.

Lebih jauh bupati berharap kepada para petani padi sawah yang tergabung dalam Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani), untuk selalu berkoordinasi dengan penyuluh pertanian, agar produksi dan kualitas beras Bolmong tetap menjadi komoditas andalan yang dapat memenuhi permintaan pasar global, dalam rangka mencapai target swasembada pangan di tahun 2015, serta tetap menyandang predikat daerah lumbung beras di wilayah Provinsi Sulut.

Sementara itu menurut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Ir Taufik Mokoginta, pencapaian program swasembada pangan sinergi dengan TNI AD, untuk mengawal program di lapangan pemerintah dalam hal ini penyuluh pertanian, memberikan bimbingan teknis kepada Babinsa yang mempunyai tugas sebagai motivator di lapangan, untuk mengoptimalkan potensi yang ada.

Usai melakukan penanaman padi sawah perdana, bupati bersama rombongan melanjutkan kunjungan ke Desa Konarom Kecamatan Dumoga Tenggara, untuk melakukan panen perdana padi sawah hibrida. Panen perdana padi sawah hibrida tersebut merupakan upaya khusus yang telah dilaksanakan oleh pemda bersama jajaran Kodim 1303 Bolmong. (yoan)

IKLAN
loading...