IKLAN

BI: Indonesia Genjot Kompetitifnes Hadapi MEA


Bank Indonesia, Jln 17 Agustus No 56 Manado (foto:Ist)

Bank Indonesia, Jln 17 Agustus No 56 Manado (foto:Ist)

MANADO- Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dalam bidang keuangan dan perbankan berlaku 2020, pelaku industri perbankan mulai berbenah karena kekuatan bank asing yang bakal mereka hadapi.

Kepala perwakilan Bank Indonesia Luchtor Tapiheru mengungkapkan, ASEAN menjadi sumber bahan baku, sumber produksi. Dari ide tersebut, membuka suatu peluang bagi Indonesia untuk bisa berperan didalamnya.

Tapiheru menambahkan secara individual country, Indonesia dengan daya saing ASEAN ten berada posisi tengah tapi dengan ASEAN five pada basic ASEAN mula-mula, Indonesia paling dibawah.”Menurut survey word economic forum daya saing Indonesia berada pada posisi ke 38, kita masih diatas Vietnam dan Kamboja,”tuturnya.

Lanjutnya, perdagangan bebas ini merupakan konsep ekonomi yang mengacu penjualan produk antar negara tanpa pajak ekspor-impor atau hambatan perdagangan lainnya.”Kita bukan beradu dengan Cina, Amerika, tetapi ditakutkan kita beradu dengan Malaysia, Thailand, Filipina. Banyak beranggapan itu menjadi ancaman, bahwa kompetitifnes kita dibawah apalagi soal produk barang dan jasa,”pungkasnya. (srikandipangemanan)

IKLAN
loading...