IKLAN

Bisnis Batu Akik: Mau Beli Jenis Apa? Semua Ada di Lorong Kolombia


GEMAR:Penjual batu dan pembeli serius saat memilih dan mengukir batu, Sabtu (1/8) (foto:Kandi/manadoline)

GEMAR:Penjual batu dan pembeli serius saat memilih dan mengukir batu, Sabtu (1/8) (foto:Kandi/manadoline)

MANADO-Demam batu akik ternyata masih banyak penggemar di Sulawesi Utara apalagi di Manado. Bagaimana tidak, sekarang lebih banyak lagi dijual sesuai keinginan seperti diukir sendiri sampai polesannya terlihat mengikuti kata hati.

Pantauan www.manadoline.com Sabtu (8/1), bisnis batu di lorong Kolombia terletak dekat Taman Kota Manado dibuka sejak pagi sampai malam hari, puluhan jenis batu diperjualbelikan.

“Hampir setiap hari ada jenis batu masuk dari berbagai daerah tapi untuk hari ini (Sabtu-red) paling terbaru batu siklop dari Sulawesi Tengah dengan harga lempengan atau sudah dipotong-potong Rp 100 ribu, sama harganya dengan batu pink kristal, batu warna cocacola natural, warna pepsi natural, warna fanta natural dari palembang, batu belimbing aceh hijau dan kuning,”ungkap pedagang Batu Subhan warga Karame Lingkungan IV Kecamatan Singkil.

Subhan mengakui pernah menjelajahi berbagai daerah di Indonesia untuk mencari batu tersebut, tak menepis banyaknya keuntungan yang dia dapat dari bisnis tersebut.

“Batu masih utuh misalnya harganya Rp 2,5 juta jika sudah dipotong-potong kecil (sebelum dipoles-red) bisa dapat 2 kali lipat untungnya,”terangnya disela-sela melayani pembeli.

Pekan lalu, banyak dicari adalah batu Opsidian Raja Ampat karena batu tersebut jenis langkah paling susah dicari.”Ada bahan dasar plastik itu dari Surabaya, tapi yang aslinya dari Raja Ampat pasir mas tidak dicampur plastik dengan lempengan Rp 30 ribu,”tutur Subhan.

Penggemar batu juga saat ditemui di lorong Kolombia Alex mengungkapkan selain lorong ini sebagai tempat jual beli poles batu, juga sebagai tempat diskusi bagi para pencinta batu.

“Sekarang nama-nama jenis batu sudah banyak dan menarik, seperti kalimaya, kecubung api, ijo botol jenis doko, serat mas, pasir mas, relaxa, mata kucing dan msih banyak lagi dihargai rata-rata Rp 20-30 ribu per potong kalau dipoles dikenakan biaya Rp 50-100 ribu,”kata Alex. (srikandipangemanan)

IKLAN
loading...