Bitung Dipilih Daerah Belajar Pemkab Boalemo

Pertukaran cendramata Pemkot Bitung dan Pemkab Boalemo. (Foto: HMP)

BITUNG – Wakil Bupati Boalemo Ir. H. Anas Yusuf bersama rombongan diterima Wali Kota Bitung Maximiliaan J. Lomban dalam kunjungan kerja studi tiru Pemerintah Kabupaten Boalemo terkait Penyerapan Anggaran, Rabu (04/09/2019) di BPU Kantor Walikota Bitung.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Boalemo Ir. H. Anas Yusuf mengatakan dipilihnya Provinsi Sulut, khususnya Kota Bitung sebagai daerah pelaksanaan studi tiru atas berbagai pertimbangan. “Dari pengamatan Pemda Boalemo, Kota Bitung perkembangan ekonomi makro, inflasi daerah terbaik dan sangat progress. Sehingga daerah ini dipilih sebagai tujuan studi tiru,” ungkap Anas.

Dikatakan pula, kegiatan studi tiru ini merupakan langkah maju untuk mensinergikan beberapa strategi, dalam hal penginputan realisasi anggaran yang berbasis kinerja dan untuk menggali informasi banding untuk meningkatkan kulitas belanja APBD dan APBN sebagaimana dilakukan Pemkot Bitung.

Mendengar hal itu, Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban menyambut baik kedatangan Pemkab Boalemo serta menjelaskan sehubungan dengan sistem penyerapan anggaran di Kota Bitung sebagaimana yang dimaksudkan untuk dibahas pada studi tiru bersama dengan Pemkab Boalemo.

Dijelaskan pula, anggaran di Kota Bitung kurang lebih menyesuaikan dengan kebijakan penyerapan anggaran se-Indonesia yang dipantau oleh Sekretariat Kepresidenan RI. “Dimana ada target capaian yang harus dipenuhi oleh pemerintah daerah tak terkecuali di Kota Bitung,” tukas Lomban.

Ditambahkan Lomban, untuk pencapaian target ini Pemkot Bitung terus melakukan evaluasi secara berkesinambungan disetiap bulannya dengan menggunakan sistem informasi Managemen Anggaran dan Monitoring Belanja yang dikenal dengan aplikasi siMAMA.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Bitung dan Wakil Bupati Boalemo saling bertukar cendera mata sambil berharap hubungan baik antar kedua daerah tersebut dapat terus terjalin.

Hadir pula, Sekretaris Daerah Pemkot Bitung, DR. Audi Pangemanan, MAP, para Asisten Pemkot Bitung, Kepala Bapeda Pemkab Boalemo, Ir. Rusdin Aminu, MM, dan Kabag Ekbang Boalemo, Ulkia Kiu, SE, M.Si.(*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020