Bitung Matangkan Persiapan Penilaian Kota Sehat

(Rapat pematangan persiapan verifikasi Tim Kota Sehat oleh Forum Kota Sehat Kota Bitung)

BITUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung melalui Forum Kota Sehat (FKS) mematangkan persiapan penilaian (verifikasi) kota sehat tahun 2017.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung, dr Franky Soriton mengatakan, pematangan persiapan tersebut dilakukan dalam rapat-rapat atau pertemuan yang melibatkan Forum Kota Sehat bersama Pembina Teknis dari berbagai Perangkat Daerah terkait serta Pemerintah Kecamatan, Puskesmas dan Pokja. “Termasuk seluruh wilayah yang menjadi lokus penilaian terus dimatangkan persiapannya.  Gladi bersih kita akan lakukan pada hari Jumat 15 September 2017,” kata Soriton.

Sementara itu Ketua Forum Kota Sehat Kota Bitung Wilson Wonte menambahkan, seluruh wilayah kecamatan diharapkan menyiapkan diri karena dapat saja Tim Verifikasi akan mendatangi wilayah yang bukan lokus. “Walaupun sudah ada beberapa lokus yang ditentukan untuk dikunjungi Tim Verifikasi Kota Sehat Nasional, tetapi wilayah atau lokasi lain juga tetap menjadi bagian dari penilaian jika sewaktu-waktu Tim Penilai ingin mendatanginya,” ungkapnya.

Seperti diketahui Tim Verikasi Kota Sehat Nasional akan turun melakukan penilaian lapangan pada 18-20 September 2017. Tim Verifikasi berasal dari lintas Kementerian antara lain  Kemendagri dan Kemenkes RI.

Kota Bitung sendiri telah meraih penghargaan Kota Sehat sejak tahun 2007 hingga 2015 yakni Swastisaba Padapa, Swastisaba Wiwerda dan Swastisaba Wistara.  Pada tahun 2007 meraih penghargaan Swastisaba Padapa, tahun 2009 Swastisaba Wiwerda,  dan secara berturut-turut 2011, 2013 dan 2015 meraih Swastisaba  Wistara sebagai penghargaan tertinggi bagi Kota Sehat.(hry)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020